Tips Mencari Pekerjaan

Seringkali idealisme mengakar di dalam hati para pencari kerja ketika belum merasakan sulitnya mencari pekerjaan. Mereka ingin mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan impian mereka.

Namun, ketika mereka dihadapkan pada kenyataan pahit bahwa mencari kerja itu bukanlah hal yang mudah, maka perlahan-lahan idealisme itu luntur, bahkan hilang sama sekali.

Pikiran mereka menjadi pragmatis, yang penting bisa dapat kerja, apapun pekerjaannya!

Mungkin kondisi diatas adalah sebagian gambaran, betapa pada awalnya para pencari kerja begitu idealis untuk mendapatkan pekerjaan impian mereka, namun sekali lagi, mereka hidup di dunia nyata yang tidak seindah angan-angan dan mimpi.

Disini, saya ingin membuka pikiran dan sudut pandang Anda tentang mencari pekerjaan.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika Anda sedang mencari pekerjaan.

1. Pekerjaan Pertama

Pekerjaan pertama Anda menentukan karir Anda selanjutnya. Oleh karena itu, Anda harus mencari pekerjaan yang benar-benar sesuai dengan kualifikasi dan jika memungkinkan sesuai dengan minat Anda. Minimal, Anda bisa enjoy ketika mengerjakannya.

Karena ketika Anda masuk ke sebuah bidang pekerjaan dan memiliki pengalaman disana, maka Anda akan sulit untuk pindah ke bidang lain yang tidak berhubungan dengan pengalaman Anda.

Contohnya adalah seorang teman semasa kuliah. Awal masuk kerja di sebuah perusahaan, ia bekerja sebagai karyawan di bagian purchasing.

Tiga tahun kemudian ketika ia ingin pindah ke perusahaan lain dengan melamar posisi yang berbeda dari tempat ia bekerja saat ini, ternyata sudah tidak bisa.

Jadi, pastikan jangan asal pilih posisi pekerjaan ketika pertama kali Anda melamar pekerjaan.

2. Siapkan selalu plan B

Maksudnya selalu siapkan rencana cadangan. Ketika Anda mencari pekerjaan, maka Anda jangan hanya mengincar satu bidang pekerjaan.

Buatlah daftar, pekerjaan apa yang menurut Anda sesuai dengan ilmu yang telah Anda pelajari. Hal tersebut akan memudahkan Anda dalam melamar pekerjaan dan memperbesar peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan.

3. Lupakan sejenak tentang passion

Mungkin Anda pernah mendengar para motivator menyarankan Anda untuk memilih pekerjaan yang sesuai dengan passion Anda?

Namun, ada sebuah buku yang ditulis oleh Cal Newport berisi tentang penelitian yang menyatakan bahwa passion akan hadir seiring dengan bertambahnya pengalaman di sebuah pekerjaan.

Jadi, jangan bekerja berdasarkan passion Anda, tapi tekunlah mempelajari bidang pekerjaan Anda, ketika Anda mahir di bidang tersebut, maka passion akan mengikuti.

4. Pilihlah perusahaan yang bonafid

Pada sebuah artikel di sebuah blog manajemen yang ditulis oleh salah satu blogger yang cukup cetar membahana di Indonesia yaitu pak Yodhia Antariksa mengatakan bahwa standar gaji antara bonafide companies dengan average companies sangat berbeda jauh sedangkan beban pekerjaan relatif sama.

Anda mau bekerja dengan beban kerja yang relatif sama namun gajinya jauh berbeda? Anda pasti dengan lantang akan menjawab tidak!

Oleh karena itu, pastikan Anda berusaha semaksimal mungkin untuk bisa lolos tahapan seleksi kerja seperti tes psikotes, wawancara kerja sampai dengan tes kesehatan saat melamar di perusahaan yang bonafid tersebut.

Seperti yang pak Yodhia Antariksa sering katakan bahwa yang sulit membedakan antara perusahaan bonafid dengan perusahaan rata-rata adalah hanya tes seleksi masuk.

Karena, ketika sudah masuk ke dalam pekerjaan, nyaris tidak ada bedanya beban tugas antara kedua perusahaan tersebut.

Jadi, pastikan Anda berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan perusahaan yang bonafid.

Sebenarnya, banyak hal lain yang bisa menjadi perhatian ketika Anda mencari pekerjaan.

Namun, keempat hal diatas saya kira sudah cukup untuk membuka sudut pandang Anda tentang pekerjaan yang akan Anda geluti nantinya.

Terakhir, jangan lupa berdoa agar Anda dimudahkan dalam mendapatkan pekerjaan dan selalu dibukakan pintu rezekinya.

Kategori Umum

Didik Iskandar

Penulis malas yang sok perfeksionis!

Satu pemikiran pada “Tips Mencari Pekerjaan

  1. sebenernya kurang setuju juga dengan point pertama, hal ini berdasarkan pengalaman pribadi saya sih.

    Trus saran aja buat yang sedang mencari kerja, Kalau bisa jangan perusahaan yang sudah ada ‘nama’ , biasanya mereka memberikan gaji kecil. ada baiknya masuk ke perusahaan jepang, kesejahteraan lebih terjamin

Tinggalkan komentar