Tanaman untuk Taman

Menanam dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan. Ya, kan?

Apalagi jika sedang menanam untuk taman di rumah. Pasti Anda akan memilih pohon yang indah dan juga memiliki manfaat yang beragam.

Selain untuk menambah penghijauan dan memperindah rumah, Anda juga dapat memilih tanaman yang menghasilkan buah bahkan sampai tanaman yang mampu menyerap banyak polusi udara.

Berikut ini terdapat rekomendasi tanaman untuk taman rumah Anda yang bisa dicoba dan mudah Anda dapatkan di toko tanaman.

Ga Cuman Cantik, Tanaman Ini Bikin Taman Juga Menyehatkan!

1. Pohon Palem

Pohon palem menjadi rekomendasi utama bagi Anda untuk memperindah rumah.

Pohon ini menjadi pilihan favorit banyak orang di dunia untuk menghias taman di rumah, gedung, dan jalan.

Karena…

Bentuknya yang eksotis dan sangat cocok sebagai penghias tampilan tropis.

Anda dapat memilih berbagai jenis pohon palem yang tersedia, dari mulai pohon palem yang menjulang tinggi seperti Roystonea oleracea, pohon palem merah yang mempunyai buah merah, sampai pohon palem ikan yang mempunyai bentuk daun seperti ekor ikan.

2. Kuping Gajah

Kuping gajah, umm..

Ya, nyatanya tanaman ini tidak selebar kuping gajah aslinya.

Hanya saja, bentuknya yang menyerupai.

Pohon ini sangat mudah dikenali karena bentuk daunnya yang unik. Anthurium crystallinum nama latin tanaman kuping gajah saat ini menjadi pilihan banyak orang di Indonesia.

Hal ini disebabkan oleh bentuknya yang cantik dapat memperindah taman di rumah Anda.

Tapi ada hal yang harus Anda perhatikan, yakni jangan ditaruh di bawah sinar matahari langsung karena akan cepat layu. Mesti hati-hati ya!

3. Kembang Sepatu

Bunga ini cukup populer di Indonesia. Kembang sepatu atau Hibiscus rosa-sinensis sangat cocok untuk kondisi tropis di Indonesia, sama halnya dengan pohon palem.

Anda mungkin sering melihat kembang sepatu berwarna merah namun ternyata bunga ini memiliki banyak warna, seperti kuning, oranye, pink, dan kombinasi sehingga membuatnya semakin cantik untuk ditanam.

Secara umum kembang sepatu mempunyai tinggi 2 sampai 5 meter dengan daun yang mempunyai bentuk bulat telur dengan ujung yang meruncing.

Di daerah subtropik, kembang sepatu hanya akan berbunga saat musim panas hingga musim gugur.

Namun, berbeda jika berada di daerah tropis tanaman ini dapat berbunga sepanjang tahun.

Nah, sangat cocok deh untuk Indonesia!

4. Pohon Mangga

Udah asri, berbuah lagi!

Ya, 4 kata yang menggambarkan pohon mangga.

Bagi Anda yang suka menanam pohon buah untuk taman di rumah Anda, pohon mangga akan menjadi pilihan terbaik.

Selain buahnya yang enak, menanam pohon ini pun bukan hanya berfungsi sebagai penghijauan dan meneduhkan rumah Anda, namun buahnya juga dapat Anda konsumsi sendiri.

Memang tidak semua jenis pohon mangga bagus untuk Anda tanam di taman Anda. Beberapa jenis mangga tidak sesuai karena postur tumbuhannya yang tidak bagus.

Sebagai acuan, beberapa pohon mangga yang bagus untuk Anda tanam di antaranya mangga golek, mangga kenshington pride, dan mangga indramayu.

5. Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya mudah untuk ditanam, baik di tanah langsung maupun di dalam pot. Lidah buaya cocok untuk kondisi iklim di Indonesia yang tropis.

Tumbuhan ini membutuhkan sinar matahari yang banyak. Jadi, jika Anda menanamnya di dalam pot untuk hiasan indoor, Anda harus menempatkannya di tempat yang terkena sinar matahari langsung, seperti di dekat jendela.

Keuntungan Anda menanam lidah buaya di taman rumah yaitu selain sebagai tanaman hias, Anda juga dapat memanfaatkannya untuk kecantikan maupun kesehatan tubuh.

Lidah buaya memiliki segudang manfaat karena kandungan enzim, vitamin, mineral, dan manfaat lainnya yang sering digunakan sebagai tambahan produk kecantikan dan obat-obatan.

Kabar bagusnya, lidah buaya tidak hanya buat taman lho, yang dalam pot juga bisa Anda taruh di dapur.

6. Lidah mertua

Tak hanya lidah buaya, lidah mertua pun bisa dijadikan pilihan.

Tanaman dengan nama latin sansiviera ini memiliki banyak manfaat bagus jika ditanam pada taman rumah Anda.

Seperti, daun berbentuk api yang sedang berkobar ini dapat menyerap polusi dengan sangat baik. Sekitar 107 polutan dapat ia serap dan diubah menjadi oksigen.

Selain itu, tanaman ini juga mampu menyerap radiasi, salah satunya radiasi yang dihasilkan oleh barang elektronik.

Manfaat lainnya dari tanaman ini adalah ia mampu menghasilkan oksigen yang banyak dan dipercaya mampu menjadi bahan alami untuk perawatan rambut, sakit kepala, bahkan antiseptik.

Anda dapat menjadikannya pagar rumah Anda karena teksturnya yang keras, sebagai hiasan di dalam rumah Anda, dan tentunya hiasan yang indah pada taman Anda.

Degan segudang manfaatnya baik bagi lingkungan maupun kesehatan, tanaman lidah mertua akan menjaga lingkungan Anda tetap alami jauh dari polusi dan dapat menjaga kesehatan tubuh.

Mana pilihan Anda?

Tentu, banyak faktor untuk menentukan mana pilihan yang tepat agar taman makin ciamik.

Terutama dari segi estetika, tema rumah, dan manfaatnya untuk linkungan.

Demikian saja. Semoga bermanfaat, ya!

Reyhan Ivandi

Just a litle boy who passionate in blogging and coding soon.

Tinggalkan komentar