Perbedaan Sel Hewan dan Tumbuhan

Sel hewan dan tumbuhan tentunya bukanlah hal yang asing lagi bagi anda. Dan pada postingan kali ini akan mengupas secara tuntas dan detail mengenai perbedaan sel hewan dan tumbuhan. Selain itu ada beberapa point-point penting yang perlu ditelusuri secara mendalam mengenai dinding sel, vakuola, plastisida dan sentriol.

Perbedaan antara sel hewan dan tumbuhan tentunya dilihat dari berbagai segi, contohnya dari bentuk sel hewan dan tumbuhan, kemudian letak inti sel serta sambungan antara sel pada hewan dan tumbuhan.

4  Perbedaan Dasar Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Ada 4 perbedaan sel hewan dan tumbuhan yang paling dasar, untuk lebih jelasnya simak saja informasi berikut ini

  1. Pada sel tumbuhan mempunyai dinding – dinding sel sementara pada sel hewan tidak mempunyai dinding sel
  2. Pada sel tumbuhan terdapat plastisida yang terdiri dari kromoplas, kloroplas, dan leukoplas. Sementara pada sel hewan tidak memiliki plastisida.
  3. Pada sel tumbuhan tidak terdapat sentriol, namun pada sel hewan terdapat sentriol
  4. Pada sel tumbuhan mempunyai vakuola yang berukuran besar, pada sel hewan juga mempunyai vukuola hanya saja ukurannya kecil.

20 Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Berikut ini merupakan perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan yang lebih rinci:

1. Dinding sel: Pada sel hewan tidak terdapat dinding sel, sementara pada sel tumbuhan terdapat dinding sel

2. Plastisida: Tidak terdapat plastisida (sel hewan), namun pada sel tumbuhan terdapat plastisida yang mana terdiri dari 3 jenis yaitu kromoplas, kloroplas, dan leukopas.

3. Sentriol: Terdapat sel sentriol jika pada sel hewan dan pada tumbuhan tidak ada.

4. Vakuola: Pada sel hewan terdapat vakuola hanya saja ukurannya kecil dan tumbuhan juga memiliki sel vakuola dengan ukuran yang besar

5. Sambungan antar sel: Bila sel hewan terdapat sel yang bernama Desmosome dan Tight junction, sementara pada tumbuhan juga terdapat sambungan antar sel yang dinamakan Plasmodesmata.

6. Tingkat Totipotensi: Tingkat Totipotensinya tergolong rendah (sel hewan), sementara pada sel tumbuhan tingkat Totipotensinya sangatlah tinggi.

7. Ketahanan Tekanan: Kuat karena terdapat dinding sel (Sel Tumbuhan) sementara untuk sel hewan ketahanan tekanannya lemah tanpa vakuola kontraktif.

8. Sitokinesis sel: Membentuk suatu lempeng mitosis yang mana terdapat pada sel tumbuhan dan pada sel hewan membentuk furrowing.

9. Pembentukan spindle: Terjadi secara anastral (sel tumbuhan) dan secara amphiastral (sel hewan)

10. Flagella: Flagella pada sel tumbuhan sangatlah jarang, namun pada sel hewan sering ditemukan.

11. Silia: Sering ditemukan jika pada hewan, sedangkan pada tumbuhan sangatlah jarang.

12. Ukuran sel: Sangat jarang ditemukan pada sel tumbuhan, namun kalau pada sel hewan sering sekali ditemukan.

13. Organel Respirasi: Jika pada sel tumbuhan ada Kloroplast dan mitokondria. Pada sel hewan hanya terdapat mitokondria.

14. Sentroseom: Jarang ditemukan (sel tumbuhan), namun kalau sel hewan dapat ditemukan sentroseum.

15. Letak inti sel: Bila letak inti sel pada tumbuhan berada di pheripheral sitoplasma, maka pada sel hewan terdapat pada tengah sel.

16. Elastisitas jaringan: Pada tumbuhan tergolong rendah karena adanya dinding sel. Sementara pada hewan tergolonng tinggi karena tidak adanya dinding sel.

17. Bentuk sel: Bentuk sel pada tumbuhan kaku dan jarang berubah bentuknya kecuali pada derivate sel. Sedangkan pada tumbuhan terdapat berbagai macam bentuk sel dan dapat berubah-ubah bentuknya serta tidak kaku.

18. Glioksisom: Pada tumbuhan terdapat glioksisom, namun pada hewan jarang ditemukan.

19. Lisosom: Jarang sekali ditemukan kalau pada tumbuhan dan umumnya banyak terdapat dalam sel hewan.

20. Matrika Ekstraselular: Tidak terdapat matrika jika pada tumbuhan, namun pada hewan kebalikannya dari tumbuhan.

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Dengan berdasarkan pada informasi perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan yang mengacu pada penjelasan diatas. Tentunya anda sudah mendapatkan sedikit gambaran bukan? Namun, bila and masih bingung mungkin bisa membaca informasi detailnya berikut.

1. Sel Hewan

Sel hewan atau sel eukariotik merupan sel yang menyusun jaringan pada hewan. Tentunya antara sel hewan dan sel tumbuhan memiliki perbedaan diantaranya tidak terdapat kloroplas, dinding – dinding sel, dan biasanya pada sel hewan mempunyai vakuola yang berukuran lebih kecil dan bahkan tidak ditemukan sama sekali.

Alasannya karena mempunyai dinding sel yang keras sehingga sel hewan bentuknya lebih bervariasi. Contohnya sel manusia yang terdapat salah satu jenis sel hewan. Selain itu, sel hewan juga mempunyai organel yang khas yakni sentriol yang tidak ditemukan pada sel tumbuhan.

  • Sentriol

Sentriol merupakan organel pada sel yang ditemukan pada sebagian besar sel eukariotik hewan. Sentriol mempunyai struktur berbentuk tabung atau sylinder yang mana mempunyai lubang tengah dan tersusun atas protein mikrotubulus. Sementara, anggota pasangan sentriol biasanya terletak menyudut ke arah kanan satu sama lain.

Peran sentriol adalah mengatur polaritas atau kutub pada pembelahan sel hewan dan mengatur pemisahan kromosom selama pembelahan. Sentriol ini juga terdiri dari mikrotubulus yang membentuk suatu struktur protein yang berbentuk seperti jala yang berdekatan dengan kromosom selama dalam masa pembelahan sel.

Jala tersebut dikenal dengan sebutan benang spindle dan posisinya berdekatan dengan bagian ujung sentriol.

  • Vakuola

Vakuola biasanya ditemukan pada hewan yang bersel satu, contohnya adalah amoeba dan paramecium. Pada paramecium terdapat 2 macam vakuola antara lain:

  • Vakuola nonkontraktif yang berguna untuk mencernakan makanan, sehingga biasa disebt dengan vakuola makanan
  • Vakuola kontraktif yang berguna menjaga tekanan osmotic sitoplasma atau osmoregulato.

2. Sel Tumbuhan

Sel tumbuhan adalah bagian paling kecil dari setiap organ dalam tumbuhan dan berfungsi sebagai penggerak. Selain itu dalam sel tumbuhan mempunyai bagian-bagian sel seperti:

  • Dinding Sel

Adalah sel yang tersusun dari selulosa dan bersifat kaku. Fungsinya adalah untuk melindungi dan memberikan bentuk yang tetap. Dinding sel ini dibentuk oleh diktlosom yang mana bahan penyusunnya terdiri atas selulosa, pectin serta hemiselulosa.

Dinding sel terdiri dari 2 macam antara lain:

  • Dinding sel primer merupakan dinding sel yang tersusun atas selulosa, pectin, hemiselulosa. Dinding sel ini dibentuk pada saat pembelahan pada sel.
  • Dinding sel sekunder merupakan dinding sel yang tersusun karena terjadinya penebalan pada dinding sel dan tersusun dari lignin, selulosa, hemiselulosa.

 

  • Vakuola

Adalah organel yang memiliki membrane berisi cairan vakuola. Dimana terdapat pada sel tumbuhan dan sel hewan namun yang membedakannya pada tumbuhan bentuk vakuolanya dan fungsinya lebih nyata.

Hal ini bisa dibuktikan dengan tumbuhan yang masih muda dimana mempunyai vakuola yang berukuran kecil, tetapi pada tumbuhan yang telah dewasa vakuol akan terlihat membesar bahkan akan mendominasi sitoplasma dan mendesaknya ke bagian tepi dinding sel.

  • Plastida

Adalah organel yang juga memiliki membrane lengkap berupa butir-butir pigmen dan juga hasil dari badan kecil proplastida. Dalam perkembangannya proplastida dapat berubah menjadi 3 tipe, antara lain:

  • Kromoplas

Adalah salah satu plastid yang dapat memberikan berbagai warna non fotosintesis seperti pigmen merah, kuning, dan lain sebagainya.

  • Kloroplas

Adalah salah satu plastida yang bertanggung jawab pada proses fotosintesis tumbuhan dan alga. Selain itu, kloroplas juga mengandung klorofil dan terdiri dari 2 bagian besar meliputi amplop dan membrane bagian dalam.

  • Leukoplas

Adalah plastida yang mempunyai warna putih atau tak bewarna dan umumnya terdapat pada tumbuhan yang tidak terkena cahaya matahari. Leukoplas biasanya berfungsi sebagai penyimpan cadangan makanan seperti protein dan amilum.

Leukoplas dibedakan menjadi 3 yakni elaioplas yang berfungsi membentuk dan menyimpan lemak, amiloplas yang berfungsi membentuk dan tempat untuk menyimpan amilum, dan proteoplas yang berfungsi untuk menyimpan protein.

Whases

Official Writer BlogHUD.com

Tinggalkan komentar