Penyebab Kolam Renang Berlumut

Memiliki kolam renang sendiri merupakan hal yang menyenangkan karena kita tidak perlu pergi ke kolam renang umum hanya untuk berenang. Namun kita juga harus memperhatikan perawatan kolam renang agar kualitas air dan kolam tersebut tetap terjaga.

Salah satu masalah yang sering dihadapi para pemilik kolam renang adalah tumbuhnya lumut pada kolam renang. Tentu hal ini akan menganggu Anda dan membuat rasa tidak nyaman ketika berenang. Selain itu tumbuhnya lumut juga menjadi indikator dari buruknya kualitas air kolam.

Lantas hal apa sajakah yang menjadi penyebab kolam renang berlumut, berikut adalah penyebabnya :

1. Tingkat pH yang Terlalu Tinggi

Penyebab pertama dari munculnya lumut pada kolam renang adalah karena tingkat pH air kolam yang tidak stabil, tingkat pH air akan sangat mempengaruhi pertumbuhan lumut di kolam renang. Tingkat pH air kolam yang baik adalah yang netral atau 7 pH, oleh karena itu sebaiknya nilai pH air kolam harus selalu dipantau menggunakan pH meter.

Tingkat pH yang tidak stabil ini akan membuat kuman dan bakteri maupun lumut cepat sekali berkembang biak dan perkembangbiakan tersebut bisa jadi dikarenakan adanya binatang – binatang air yang hidup di dalam kolam renang. Apabila hal ini tidak segera diatasi maka warna air kolam Anda dapat benar – benar berwarna hijau.

2. Tingginya Tingkat Phytoplankton

Selain tingkat pH air, adanya phytoplankton juga dapat membuat kolam renang berlumut. Organisme ini merupakan organisme yang sangat kecil sehingga disebut dengan mikroorganisme, phytoplankton ini sendiri termasuk ke dalam mikroorganisme yang berasal dari keluarga ganggang hijau.

Jenis ganggang phytoplankton ini terdiri dari 2 kategori, yaitu:

  • Kategori yang pertama memiliki tipe yang berserat dan biasanya menempel pada dinding kolam renang
  • Kategori berikutnya dari ganggan yang memiliki sel satu ini menyebar di air kolam

Kedua jenis ganggang tersebut akan membuat kolam renang berwarna hijau. Bahkan warna hijau tersebut tidak saja berasal dari warna bayangan ganggang yang ada di dasar kolam namun dapat juga dari warna ganggang tersebut yang ada di air.

3. Buruknya Kebersihan Kolam Renang

Bila Anda tidak terlalu rutin menjaga kebersihan air kolam juga dapat menyebabkan tumbuhnya lumut di kolam renang Anda. Pembersihan kolam renang merupakan hal yang seharusnya rutin dilakukan, tidak hanya kolam dan airnya saja yang harus rajin dibersihkan, namun kondisi di sekitar kolam renang pun juga harus senantiasa bersih.

Sampah yang ada di sekitar kolam renang juga harus rutin Anda bersihkan untuk mengantisipasinya masuk ke dalam kolam karena tertiup angin. Masuknya sampah ke dalam kolam renang akan menyebabkan ketidakseimbangan kadar pH air kolam. Oleh karena itu kebersihan kolam renang harus sangat diperhatikan.

4. Perubahan Cuaca

Selain kondisi yang dapat kita kendalikan, faktor seperti perubahan cuaca juga dapat menyebabkan kolam renang berlumut. Oleh karena itu bila Anda memiliki kolam renang outdoor maka harus sangat memperhatikan perubahan cuaca yang sedang terjadi.

Sebagai contoh saat cuaca berangin sehingga banyak daun yang berguguran maupun sampah beterbangan maka Anda harus rajin menjaga kebersihan kolam renang Anda. Selain itu saat hujan turun maka masuknya air hujan juga akan menyebabkan ketidak seimbangan komposisi air kolam.

Masuknya air hujan juga akan menyebabkan kandungan bahan kimia pada air kolam hilang dan menyebabkan air kolam renang menjadi terlalu basa atau asam. Oleh karena itu Anda harus rutin memantau kondisi air kolam renang agar tetap stabil.

Kategori Umum

Beni Kristiana

Blogger, Internet Marketer yang tertarik dengan dunia Internet. Bercita-cita ingin sukses dari dunia Online.

Tinggalkan komentar