Peluang Usaha Pertanian

Di era sekarang ini, semakin banyak orang khususnya anak muda yang enggan merambah bisnis terutama di bidang pertanian. Padahal, potensi dari usaha pertanian masih sangat besar, mengingat negara kita adalah negara agraris.

Namun di samping merosotnya minat pemuda untuk terjun dalam sektor pertanian, ada beberapa pengusaha muda yang berhasil mendulang kesuksesan di bisnis ini. Sebut saja Adi PramudyaPandawa Putra, dan Ulus Pirmawan.

Ini menunjukkan kepada kita bahwa ladang bisnis di sektor pertanian masih terbuka lebar. Dan berikut adalah beberapa usaha di bidang pertanian yang menjanjikan yang bisa Anda coba.

Peluang Usaha di Bidang Pertanian yang Menjanjikan

1. Bisnis Sayuran Organik

Dalam kultur masyarakat modern, gaya hidup sehat sudah menjadi gaya hidup sehari-hari. Termasuk juga dalam urusan makanan.

Masyarakat modern yang menganut gaya hidup sehat pada umumnya lebih memilih buah-buahan dan sayur organik yang ditanam tanpa pestisida.

Salah satu metode budidaya tanaman sayur dan buah organik adalah dengan cara hidroponik. Ini menjadi ladang tersendiri bagi petani yang jeli melihat peluang.

2. Budidaya Cabai

Budidaya cabai merupakan salah satu usaha di bidang pertanian yang menjanjikan. Selain karena cabai adalah bumbu masak yang hampir selalu digunakan dalam masakan Indonesia, juga karena dalam beberapa tahun belakangan harga cabai nasional mengalami kenaikan.

Terlebih lagi, cara menanam cabai juga tidak sulit karena cabai adalah tipe tanaman yang cukup mudah dibudiayakan. Anda bisa membudidayakan cabai di ladang, pekarangan rumah, bahkan dengan metode hidroponik.

3. Budidaya Kopi

Sebagaimana yang sudah kita ketahui, tren minum kopi semakin hari semakin marak.

Kopi, dengan berbagai macam jenisnya, memiliki penyukanya masing-masing. Maka dari situ kita bisa mengambil kesimpulan bahwa kopi adalah jenis produk yang memiliki “karakter”.

Hal ini didukung oleh pernyataan dari Kementerian Pertanian yang meminta produksi kopi ditingkatkan karena tren konsumsi yang meningkat.

4. Menjual Bibit Unggul

Jika Anda orang yang mengerti ilmu pertanian, menjual bibit unggul adalah salah satu jenis usaha yang cocok buat Anda. Karena saat ini pertanian di Indonesia membutuhkan inovasi untuk mengembangkan hasil taninya.

Mengembangkan dan menjual bibit unggul adalah satu dari banyak inovasi yang bisa dilakukan.

Dengan menjual bibit-bibit tanaman yang berkualitas, Anda tidak hanya akan mendapatkan keuntungan, namun juga ikut berkontribusi memajukan sektor pertanian dalam negeri.

5. Budidaya Tanaman Hias

Dalam beberapa kurun waktu belakangan, permintaan tanaman hias semakin meningkat, terutama di wilayah perkotaan.

Hal ini wajar terjadi, karena kebutuhan akan hijau-hijauan di hunian perkotaan semakin meningkat.

Melihat tren tersebut, bukan tidak mungkin ke depannya permintaan tanaman hias akan semakin meningkat lagi.

6. Eksportir Buah Ciplukan

Siapa sangka buah ciplukan yang selama ini kita anggap tanaman liar ternyata harganya bisa sangat mahal?

Sebagai gambaran betapa menggiurkannya berbisnis buah dengan rasa manis-kecut ini, saat ini harga pasarannya mencapai 250-500 ribu rupiah per kilogramnya. Sebuah angka yang fantastis, bukan?

Tak sampai di situ, permintaan pasokan buah ciplukan ini ternyata banyak datang dari luar negeri!

Ibu Juwita, seorang pengusaha ciplukan asal Jawa Barat, bisa meraup keuntungan hingga 30 juta per bulan dari bisnis ciplukannya. Anda tertarik?

Kategori Bisnis

Fatah Abdurrahman

Seorang netizen ramah yang cinta damai.

Tinggalkan komentar