Keutamaan Membaca Surat Yasin

Ternyata masih banyak orang yang belum tahu keutamaan surat yasin, padahal seringkali di baca pada kegiatan rutin di malam jum’at. Bukan hanya itu, surat yasin juga di bacakan pada orang yang sudah meninggal atau di sebut dengan tahlilan. Hampir semua umat islam mengetahui kegiatan-kegiatan itu, namun tidak tahu manfaat dan keutamaannya? Nah sebelum kami membahas tentang keutamaan surat yasin, sebaiknya anda mengetahui pengertian surat yasin berikut ini.

Surat yasin adalah salah satu surat dalam Al-Qur’an, tepatnya surat yang ke-36. Surat ini termasuk salah satu surat-surat Makiyyah yang berjumlah 83 ayat. Surat makiyyah adalah surat dan ayat-ayat yang di turunkan kepada Rasulullah sebelum hijrah ke Madinah, tepatnya saat Nabi berusia 40 tahun. Dinamakan surat yasin karena surat ini di awali dengan huruf Ya’ dan Sin. Kata Ya Sin sendiri termasuk dalam kategori ayat mutasyaabihat yaitu dengan makna samar atau memiliki makna lain.

Keutamaan Membaca Surat Yasin dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Bisa Memahami Al-Quran

Keutamaan surat yasin yang pertama yaitu bisa membantu kita memahami Al-Quran. Seperti yang di jelaskan para ustadz dan ulama-ulama bahwa yasin merupakan jantung dari Al-Quran dan termasuk salah satu surat-surat terpenting dalam Al-Quran. Nah bagi anda yang mau membaca dan mengamalkan surat yasin, InsyaAllah bisa memahami semua isi dari Al-Qur’an.

2. Menambah Ilmu Pengetahuan

Surat yasin bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan seseorang, terutama dalam hal keagamaan. Ini semua karena dalam isi kandungan surat yasin membahas tentang kejadian-kejadian yang berhubungan dengan sabda-sabda dan hal-hal yang menyangkut tentang agama islam.

3. Mendoakan Orang yang Sudah Meninggal (Tahlilan)

Biasanya surat yasin di bacakan pada orang yang sudah meninggal, kegiatan ini untuk memperingati atau menghormati saudara-saudara kita yang sudah tiada. Tujuan membaca surat yasin yaitu mendoakan suadara-saudara kita yang sudah meninggal supaya perbuatan dosa yang ia lakukan selama hidup di dunia di ampuni oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

4. Memperpanjang Umur

Keutamaan surat yasin yang selanjutnya yaitu dapat memanjangkan umur. Jika kita rajin membaca dan mengamalkan surat yasin, niscaya Allah akan memberikan rahmat-Nya yaitu memanjangkan umur dan menjauhkan diri kita dari segala macam marabahaya.

5. Menambah Pahala dan Ganjaran

Selain memberikan umur yang panjang, ternyata membaca surat yasin bisa menambah pahala dan ganjaran yang berlebihan. Sebenarnya surat yasin tidak hanya di baca pada saat tahlilan dan kegiatan yasinan, namun boleh di baca kapan saja yang terpenting bukan waktu terlarang membaca Al-Qur’an misalnya wanita haid.

6. Diberikan Kemudahan

Mungkin banyak orang yang tidak percaya bahwa membaca surat yasin dapat memberi kemudahan dan kelancaran dalam segala hal. Jadi bagi anda yang mau membaca dan mengamalkan surat sungguh-sungguh, niscaya Allah akan mempermudah dan melancarkan semua urusanmu, terutama dalam hal pekerjaan.

7. Mendekatkan Diri dengan Sang Pencipta

Dengan membaca dan mengamalkan surat yasin, kita akan merasa lebih dekat dengan sang pencipta yaitu Allah Subhanahu wa Ta’ala. Jika sudah dekat dengan sang pencipta, maka anda akan memiliki rasa syukur atas segala yang di berikan-Nya, ikhlas ketika melakukan segala sesuatu, selalu ingin berbuat kebaikan dan tidak mudah menyerah.

8. Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

Dalam surat-surat dan ayat Al-Qur’an tidak ada yang memerintahkan untuk berbuat jahat, termasuk juga surat yasin. Jadi barang siapa yang mau membaca dan mengamalkan surat yasin, Maka akan menjadi pribadi yang lebih baik di mata Allah dan masyarakat yang ada di sekitarmu.

Mungkin hanya itu artikel tentang keutamaan surat yasin yang dapat kami sampaikan hari ini, semoga bermanfaat bagi yang mau membaca dan mengamalkannya.

Kategori Agama

Saiful Aziz

Sebaik-baiknya Manusia adalah yang Bermanfaat bagi Orang lain.

Tinggalkan komentar