Jurusan Kuliah yang Menjanjikan

Banyak orang khususnya siswa SMA yang masih bingung dalam menentukan jurusan kuliah yang akan diambilnya setelah lulus nanti. Padahal, pemilihan jurusan merupakan suatu hal yang sangat penting karena sedikit banyak akan menentukan karir kita di masa depan. Berangkat dari masalah tersebut, kali ini saya akan menjelaskan dan memberikan rekomendasi kepada Anda terkait jurusan kuliah yang menjanjikan di masa depan. Berikut adalah diantaranya.

1. Ilmu Komputer

Di zaman milenial seperti sekarang ini, kehidupan manusia sudah banyak menggunakan bantuan aplikasi, seperti dalam hal pembayaran, belanja, hingg transportasi. Untuk membuat aplikasi tersebut, tentunya dibutuhkan seorang yang ahli pemrograman komputer. Dan jurusan kuliah yang mempelajari pemorgraman adalah jurusan ilmu komputer. Itulah sebabnya, jurusan ini cukup menjanjikan di era modern seperti saat ini.

2. Farmasi

Lulusan farmasi juga tidak kalah menjanjikan dibandingkan ilmu komputer. Kebutuhan apoteker di Indonesia terus mengalami peningkatan seiring semakin menjamurnya usaha di bidang farmasi dan obat-obatan. Lulusan farmasi yang profesional sangat dibutuhkan untuk menunjang hal tersebut sehingga membuat jurusan kuliah farmasi cukup menjajikan untuk dimasuki. Selain cepat mendapatkan pekerjaan, gaji lulusan farmasi juga bisa dikatakan besar lho.

3. Teknik Listrik atau Teknik Elektro

Teknik listrik atau biasa disebut teknik elektro merupakan jurusan perkuliahan yang cukup banyam diminati oleh siswa SMA yang baru saja lulus. Wajar saja, sebab lulusan dari jurusan ini sangat cepat terserap di dunia kerja. Cakupan yang bisa dijangkau oleh lulusan dari jurusan teknik listrik antara lain perusahaan migas, BUMN, pertambangan, dll. Secara umum, teknik elektro dibedakan menjadi dua yaitu teknik elektro arus kuat dan teknik elektro arus lemah, silahkan pilih yang sesuai passion Anda.

4. Ilmu Komunikasi

Informasi saat ini banyak sekali muncul dan membuat dunia komunikasi menjadi tidak karuan. Jurusan ilmu komunikasi memberikan wawasan kepada mahasiswanya agar dapat mengatur cara berkomunikasi yang baik dan efektif. Lulusan dari jurusan ini dapat bekerja sebagai penyiar radio, presenter acara TV, host, dll. Gaji dari profesi-profesi tersebut tentunya tidak bisa dibilang kecil lho ya.

5. Hubungan Internasional

Globalisasi terus mengalami perkembangan hingga membuat jarak antar negara terasa sangat dekat. Lulusan dari jurusan hubungan internasional lah yang nantinya menjadi penghubung dari setiap negara yang sudah dekat tersebut. Banyak para diplomat negara yang lahir dari jurusan hubungan internasional. Jurusan ini sangat menjanjikan mengingat gaji seorang diplomat yang bisa mencapai belasan juta rupiah per bulannya.

6. Bisnis Digital

Majunya teknologi membuat banyak sekali bisnis yang bisa dijalankan hanya dengan bermodalkan komputer. Banyak sekali bisnis digital yang lahir di Indonesia, seperti e-commerce dan e-learning, dan lain sebagainya. Perkuliahan yang mempelajari manajemen hingga pelaksanaan bisnis jenis ini adalah jurusan bisnis digital. Lulusan dari jurusan ini dapat bekerja di perusahaan bisnis digital yang sudah ada atau berwirausaha dengan cara membuat bisnis digital yang baru.

7. Desain Produk

Industri kreatif di beberapa negara sudah semakin maju. Sedangkan di Indoneisa, baru mulai berkembang. Tentu hal ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin karena pastinya di masa depan, industri kreatif di Indonesia tentunya juga akan maju. Untuk menunjang berjalannya hal tersebut, dibutuhkan desainer produk yang handal, yang mampu membuat produk memiliki desain dan tampilan yang menarik. Untuk mempelajari hal tersebut, bisa belajar dan masuk ke jurusan desain produk.

Itulah 7 jurusan kuliah paling menjanjikan, pilihlah yang Anda suka dan sesuai dengan passion Anda.

Semoga bermanfaat.

Yoppi Sandi

Electrical Enginner yang merangkap menjadi seorang Blogger

Tinggalkan komentar