Jenis-jenis Berita

Setiap saat di televisi, koran, ataupun majalah bahkan di radio dan media online pasti menemukan sebuah berita. Berita merupakan laporan mengenai suatu kejadian ataupun peristiwa baik berupa fakta ataupun opini yang bersifat penting, menarik, dan terpercaya.

Berita dibutuhkan oleh semua orang, sebab dengan adanya berita semua orang dapat mengetahui informasi terkini mengenail suatu hal ataupun peristiwa dan kejadian di mana saja.

Berkembangnya media berita saat ini tidak lepas dari perkembangan zaman, dimana pengaruh internet dirasa sangat membantu dalam megembangkan beberapa sektor, khususnya dalam pemanfaatan berita yang dikemas dan disaji secara online oleh berbagai media berita online sehingga pembaca dapat dengan mudah dan cepat dalam mendapatkan informasi hanya dengan sentuhan jari dan akses internet saja.

Di dalam berita sendiri terdapat beberapa jenisnya berdasarkan pembagian dari isi berita, termasuk proses peliputan, penyusunan, dan juga penyajiannya yaitu:

1. Straight News

Straight news atau bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti berita langsung merupakan berita yang ditulis secara singkat, lugas, dan apa adanya tanpa menambahkan apapun dalam isinya.

Bisa berisi informasi mengenai kejadian yang saat ini sedang hangat diperbincangkan ataupun informasi terkini mengenai suatu peristiwa.

2. Hard News

Hard News Sendiri pada dasarnya adalah bagian dari straight news. Hardnews ialah berita yang sifatnya paling update atau paling baru serta memiliki nilai. Biasanya jenis ini bersifat khusus mengenai perstiwa yang tidak disangka-sangka atau terjadi secara tiba-tiba.

3. Soft News

Soft News merupakan bagian dari jenis straight news, dimana merupakan berita langsung terbaru. Perbedaannya dengan hard news ialah softnews menyajikan berita yang ringan dan nilai dari berita yang disaji berada di bawah nilai berita yang dimiliki oleh hard news.

Soft news biasanya berupa berita pendungkung atau berita terusan dari berita utama atau berita-berita yang memiliki nilai yang tak serius dan menegangkan.

4. Interpretative News

Interpretative News merupakan pengembangan lanjut dari straight news yang rata-rata dilengkap dengan tambahan informasi berupa pendapat ataupun peneltian yang dilakukan oleh penulisnya.

Informasi tambahan itu bisa berupa data-data terkait dengan berita yang diangkat, latar belakang peristiwa, ataupun dari hasil wawancara dengan pengamat atau para ahli. Akan tetapi bisa saja pengembangan dari berita ini lebih berfokus pada fakta atau opini.

5. Crime News

Crime News atau jika diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia yaitu berita kriminal merupakan berita atau laporan mengenai suatu kejahatan yang diperoleh dari kepolisian.

Berita yang termasuk ke dalam berita kejahatan antara lain yaitu pembunuhan, penipuan, pemerkosaan, pencopetan, pencurian, perampokan, narkoba, tawuran, pengaiayaan, dan sebagainya yang termasuk melanggar hukum.

6. Investigation News

Investigation news merupakan jenis berita yang dibuat berdasarkan hasil sebuah penyelidikan yang secara khusus dibentuk karena suatu kejadian atau peristiwa. biasanya jurnalis ataupun wartawan melakukan hal tersebut dengan tujuan tertentu seperti membongkat suatu kasus yang besar dan kejadian yang merugikan semua pihak ataupun hanya demi kepentingan publik.

8. Comprehensive News

Comprehensive news ilalah berita yang berisi laporan mengenai fakta dari sebuah peristiwa atau kejadian yang ditinjau secara menyeluruh. Tak seperti berita yang biasanya, Comprehensive newshanya meninjau dari berbagai aspek dari fakta yang dibahas pada sebuah kejadian.

Comprehensive news menggabungkan berbagai potongan fakta menjadi sebuah cerita peristiwa yang terlihat cukup jelas, sehingga berita jenis ini yaitu menyeluruh.

Kategori Umum

Astor Riyanto

hanya seorang penulis biasa

Tinggalkan komentar