Isi Naskah Teks Proklamasi

Tahukah anda bahwa kemerdekaan Indonesia ditandai dengan pembacaan isi teks proklamasi kemerdekaan yakni oleh Ir. Soekarno dan didampingi oleh wakilnya, Drs. Muhammad Hatta. Pada tanggal 17 Agustus 1945 dan bertempat di jalan Pegangsaan Timur No 56 Jakarta Pusat.

Namun, sebelum pembacaan berlangsung Indonesia telah mengalami hal yang sangat panjang dan tak lepas dari perjuangan bangsa Indonesia beserta para tokoh-tokoh proklamasi hingga bangsa Indonesia mendapatkan kemerdekaan hakikinya. Tentunya kita sebagai warga negara Indonesia perlu mengingat momen bersejarah tersebut agar rasa nasionalisme tetap tertanam hingga saat ini.

Sejarah Isi Teks Proklamasi Kemerdekaan RI

Seperti yang anda ketahui bahwa bangsa Indonesia mengalami proses yang sangat panjang dalam usaha merebut Kemerdekaan hakikinya. Dimana hasil jerih payah tersebut memang usaha dari bangsa Indonesia sendiri bukan dari pemberian bangsa lain. Perjuangan dalam merebut kemerdekaan tersebut mengalami titik puncaknya yang mana ditandai dengan pembacaan isi teks proklamasi.

Pembacaan proklamasi kemerdekaan tepatnya setelah kekalahan Jepang kepada para sekutunya saat dijatuhkannya Bom Atom di Hiroshima dan Nagasaki pada tanggal 6 Agustus 1945. Tentunya moment tersebut tak dilewatkan oleh para tokoh pejuang Indonesia untuk mempersiapkan diri dalam menyambut kemerdekaan Indonesia dengan tanpa adanya bantuan dari pihak manapun.

Namun, kejadian tersebut juga membuat perdebatan antara para golongan tua dan golongan muda. Dimana golongan tua mempunyai pemahaman untuk menunggu situasi hasil dari keputusan Jepang. Sementara, dari golongan muda menginginkan kemerdekaan Indonesia segera untuk diproklamasikan tanpa menunggu perintah dari pihak Jepang.

Dengan adanya perbedaan pendapat tersebut membuat pihak golongan muda mengambil langkah cepat dengan cara mengasingkan Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta ke daerah Rengasdengklok. Yang mana peristiwa pengasingan tersebut dikenal dengan peristiwa Rengasdegnklok.

Para golongan muda mengambil langkah tersebut agar mencegah mereka terpengaruh oleh pihak Jepang untuk menunda kemerdekaan Indonesia. Namun setelahnya akhirnya disepakati bahwa Proklamasi Indonesia akan dilaksanakan di Jakarta setelah Ir. Soekarno dan Drs. Moh Hatta kembali ke Jakarta.

Isi Teks Proklamasi Klad

Apa itu teks naskah proklamasi Klad? Merupakan naskah asli tulisan tangan dari Ir. Soekarno yang mencatat dan juga hasil karangan dari Drs Moh. Hatta serta Mr. Raden Achmad Soebardjo Djojoadisoerjo. Berikut ini merupakan Isi Teks Proklamasi kemerdekaan Indonesia dalam Teks Naskah Proklamasi Klad.

Proklamasi

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia. Hal² jang mengenai pemindahan kekoesaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempoh jang sesingkat-singkatnya.

Djakarta, 17-8-05
Wakil² bangsa Indonesia

Perlu anda ketahui setelah Naskah Proklamasi Klad telah selesai disusun, pernah ditinggal begitu saja oleh para penyusunnya dan juga pernah masuk ke dalam tempat sampah di rumah Laksamana Muda Tadashi Maeda.

Namun, ada seorang tokoh pejuang yang bernama B.M Diah. Beliau menyelamatkan naskah bersejarah tersebut dan menyimpannya selama 46 tahun 9 bulan 19 hari, kemudian baru diserahkan pada masa pemerintahan Presiden Soeharto di Bina Graha pada tanggal 29 Mei 1992.

Isi Teks Proklamasi Otentik

Setelah naskah proklamasi klad, ada juga versi lainnya lagi yakni naskah proklamasi otentik. Naskah proklamasi otentik adalah isi teks proklamasi yang telah mengalami beberapa perubahan karena hasil ketikan dari Mohammad Ibnu Sayuti Melik. Yang mana beliau merupakan seorang tokoh pemuda yang ikut turut andil dalam persiapan Proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Berikut ini merupakan teks naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia otentik.

Proklamasi

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan Kemerdekaan Indonesia. Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnya.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05
Atas nama bangsa Indonesia
Soekarno/Hatta

Namun perlu anda ketahui juga dalam tahun kedua teks naskah proklamasi diatas pada versi klad dan otentik tertulis angka dengan tahin 05 yang mana merupakan kependekan dari angka pada tahun 2605. Hal ini karena penganggalan yang digunakan pada zaman pemerintahan Jepang saat itu yang berlaku yaitu tahun 2605.

Isi Teks Proklamasi Kemerdekaan RI

Pada saat ini dalam pembacaan teks naskah proklamasi dalam HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) juga mengalami perubahan namun tetap mengacu pada ke dua isi teks proklamasi baik dari versi otentik maupun versi klad.

PROKLAMASI

KAMI BANGSA INDONESIA DENGAN INI MENYATAKAN KEMERDEKAAN INDONESIA. HAL-HAL YANG MENGENAI PEMINDAHAN KEKUASAAN DAN LAIN-LAIN DISELENGGARAKAN DENGAN CARA SAKSAMA DAN DALAM TEMPO YANG SESINGKAT-SINGKATNYA.

DJAKARTA, 17 AGUSTUS 1945
ATAS NAMA BANGSA INDONESIA
SOEKARNO-HATTA.

Makna Proklamasi bagi Bangsa Indonesia

Teks proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah sebuah pernyataan untuk merdeka atau membebaskan diri dari segala bentuk penjajahan bangsa lain atas nama bangsa dan negara Indonesia. Selain itu, juga memiliki arti lain yakni sebagai jembatan yang menghubungkan dan juga mengantarkan bangsa Indonesia khususnya dalam mencapai masyarakat yang baru tanpa tekanan dari bangsa lain.

Oleh karena itu, dengan pelaksanaan dari Proklamasi kemerdekaan Indonesia menandakan bahwa titik puncak dari perjuangan pergerakan bangsa Indonesia telah mengantarkannya ke pintu gerbang kebebasan. Dimana kebebasan tersebut adalah hal yang paling ditunggu-tunggu selama ratusan tahun dengan penuh kesadaran oleh rakyat Indonesia.

Yakni dengan cara berbagai macam bentuk perjuangan dari seluruh rakyat Indonesia yang dilakukan dalam gerakan di daerah-daerah dan gerakan nasional yang dilakukan sejak tahun 1908. Namun, bila lebih dimaknai lagi Proklamasi kemerdekaan tersebut bukan titik akhir dari perjuangan Bangsa Indonesia justru dituntut untuk terus berjuang dalam mempertahankan dan juga mengisi kemerdekaan.

Pada awal berdirinya Negara Republik Indonesia kehidupan dari bangsa Indonesia tergolong belum terlalu stabil. Hal ini ditandai dalam bidang social, budaya, politik serta ekonomi masih terjadi kekurangan. Maka, tentunya anda bisa menilai bahwa dengan adanya pernyataan kemerdekaan tersebut belum berarti kehidupan dari bangsa Indonesia berubah secara drastic.

Ini berarti proklamasi tersebut merupakan titik awal untuk mengantar para rakyat Indonesia dan dalam definisi berikut ini proklamasi kemerdekaan memiliki dua makna penting yang perlu anda ketahui, yaitu.

  1. Bangsa Indonesia dengan tekad yang bulat dan percaya pada kekuatan sendiri telah menjadi bangsa yang merdeka, bebas dari tekanan dan penjajahan asing yang dideritanya sejak lama. Dengan kemerdekaan ini, bangsa Indonesia berhak mengatur sendiri negaranya serta berusaha sekuat tenaga memepertahankannya dari gangguan bangsa asing.
  2. Bangsa Indonesia menjadi pelopor bangsa-bangsa di Asia-Asrika untuk memerdekakan diri dari penindasa bangsa Asing. Bangsa Indonesia merupakan bangsa Asia pertama yang merdeka setelah Perang Dunia II usai. Proklamasi kemerdekaan tanggal 17 Agustus 195, tiga hari setelah Perang Dunia II selesai, dilakukan pada saat yang tepat, yaitu ketika terjadi kekosongan kekuasaan (vacuum of power). Hal ini memberi peluang kepada bangsa Indonesia untuk menentukan nasibnya. Hasilnya adalah Proklamasi Kemerdekaan yang menandakan bahwa bangsa Indonesia telah bebas dari segala bentuk ikatan bangsa-bangsa asing.

Oleh sebab itu, makna proklamasi kemerdekaan Indonesia dapat dijadikan sebagai pembaharuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam berbagai bidang kehidupaan. Dan tentunya setelah naskah tersebut dikumandangkan secara resmi, para pemimpin bangsa beserta rakyat Indonesia terus berjuang untuk mengisi dan membenai tatanan kehidupan sebuah bangsa.

Whases

Official Writer BlogHUD.com

Tinggalkan komentar