Gejala Demam Pada Kucing

Kucing merupakan hewan yang banyak dipelihara oleh manusia, hewan yang menggemaskan ini juga merupakan hewan kesayangan nabi Muhammad SAW. Tingkahnya yang menggemaskan dapat menjadi hiburan tersendiri bagi pemiliknya.

Namun bila kucing terkena demam tentu kucing tidak akan bertingkah terlalu aktif, oleh karena itu bila Anda memelihara atau pecinta kucing harus tahu bagaimana ciri atau gejala demam yang dialami kucing. Pada dasarnya kucing yang mengalami demam mempunyai gejala sebagai berikut:

1. Badan Kucing Panas

Sama seperti manusia, bila kucing panas tubuhnya meningkat maka kucing sedang terkena demam. Anda dapat merasakannya dengan memegangnya atau mengukur suhu tubuh kucing menggunakan termometer.

2. Kucing Selalu Tidur

Perubahan perilaku ini biasanya akan sangat mudah dilihat, pada dasarnya kucing merupakan hewan yang aktif bergerak. Bila kucing tiba – tiba menjadi malas bergerak atau selalu tidur sepanjang harinya berarti ada masalah pada kucing Anda seperti terkena demam.

3. Kucing Diare atau Mencret

Kucing mempunyai sistem pencernaan yang sudah disesuaikan dengan makanan yang ia makan. Bila Anda mengganti makanannya dan tiba – tiba kucing mengalami diare bisa jadi ia tidak cocok dengan makanan yang Anda berikan. Biasanya diare pada kucing akan dibarengi dengan gejala demam, bila hal ini terjadi pada kucing Anda maka segera bawa kucing ke dokter hewan.

4. Nafsu Makan Kucing Berkurang

Memang gejala berkurangnya nafsu makan kucing dapat dipengaruhi oleh beberapa hal. Namun berkurangnya nafsu makan kucing paling sering disebabkan karena masalah kesehatannya seperti terkena demam.

5. Mulut Kucing Bau

Mulut kucing juga akan menjadi bau ketika ia terkena demam, hal ini disebabkan karena panas dalam dan menyebabkan kucing hanya ingin minum. Bau pada mulut kucing disebabkan karena mulutnya dalam kondisi kering.

6. Bulu Kucing Rontok

Jangan salah artikan bulu kucing yang rontok karena disebabkan faktor hormon atau lingkungan maupun kucing sedang birahi, terkena jamur, makanan yang tidak cocok serta suhu ruangan yang terlalu panas. Akan tetapi hal ini disebabkan kucing kekurangan vitamin yang menyebabkannya demam dan bulunya rontok.

7. Telinga, Hidung, Mata dan Mulut Mengeluarkan Cairan

Tanda ini merupakan tanda kucing sudah mengalami demam yang cukup parah, bila kucing Anda mengalami gejala tersebut maka sebaiknya segera bawa kucing Anda ke dokter hewan.

8. Kucing Muntah – Muntah

Sama seperti manusia, kucing yang terkena demam juga akan sering mengalami muntah – muntah. Jadi bila kucing Anda mengalami hal tersebut dapat menjadi pertanda bahwa ia sedang demam.

9. Berat Badan Turun

Kucing yang terkena demam biasnaya membuatnya lebih suka tidur terus menerus, menurunkan nafsu makannya sehingga imun dalam tubuh kucing menjadi rentan dan membuat berat badan kucing akan turun drastis.

10. Bengkak Di Sekitar Tubuhnya

Ciri lainnya yaitu adanya bengkak di sekitar tubuhnya, akan tetapi hal ini sangat jarang ditemui. Bila kucing Anda mempunyai bengkak, coba sentuh bengkak tersebut. Apabila bengkak tersebut panas maka bisa jadi demam masuk melalui demam tersebut.

Kategori Hobi

Beni Kristiana

Blogger, Internet Marketer yang tertarik dengan dunia Internet. Bercita-cita ingin sukses dari dunia Online.

Tinggalkan komentar