Fakta Tentang Tulang Manusia

Tulang merupakan bagian penting yang membentuk bentuk tubuh kita. Organ ini merupakan organ keras yang mengandung banyak mineral maupun kalsium. Tulang manusia juga berfungsi untuk menjaga organ – organ penting yang ada di dalam tubuh.

Tulang juga merupakan salah satu bagian tubuh yang akan sulit hancur atau terurai bila kita meninggal nantinya. Namun tahukah Anda ada beberapa fakta unik tentang tulang yang mungkin belum Anda ketahui:

1. Bayi memiliki lebih banyak tulang dibanding orang dewasa

Umumnya orang dewasa memiliki 206 tulang dalam tubuh, namun tahukah Anda bayi yang baru lahir memiliki 300 komponen tulang termasuk tulang rawan. Ketika bayi mulai tumbuh besar maka tulang tersebut akan mengalami proses pertumbuhan juga menjadi lebih besar, hal ini yang menyebabkan jumlah tulang manusia berkurang setelah dewasa.

2. Tulang yang paling banyak ada di tangan dan kaki

Tulang manusia juga memiliki beragam bentuk dan ukuran, selain itu ada bagian yang memiliki jumlah tulang lebih banyak dibandingkan bagian lainnya seperti halnya tangan dan kaki.

Pada bagian tangan kita terdapat sekitar 27 tulang, sedangkan kaki masing – masing memiliki 26 tulang dan bila semuanya dijumlahkan maka tangan dan kaki memiliki 106 tulang yang berarti tangan dan kaki tersusun lebih dari setengah jumlah tulang di seluruh tubuh.

3. Setiap tulang terhubung ke tulang lain, kecuali satu

Dari 206 tulang ada satu tulang yang bernama tulang hyoid yang tidak terhubung ke tulang lainnya dimana tulang ini mempunyai bentuk seperti tapal kuda yang berbentuk U. Letak tulang ini ada diantara dagu dan tulang rawan tiroid atau di dasar lidah yang berfungsi untuk membantu gerakan lidah dalam menelan dan menghasilkan berbagi suara pada manusia.

4. Ternyata tulang bukan bagian terkeras sistem kerangka

Walaupun tulang kita umumnya keras namun tulang bukan merupakan bagian paling keras pada tubuh kita. Akan tetapi justru enamel gigi yang merupakan bagian terkeras tubuh kita. Enamel gigi yang menjadi pelindung mahkota gigi ini mempunyai kandungan konsentrasi mineral yang tinggi, khususnya kalsium garam yang menyebabkannya keras.

Bahkan menurut pengukuran menggunakan alat ukur kekerasan atau hardness tester gigi mempunyai tingkat kekerasan sekitar 5 skala mohs. Nilai tersebut hanya sedikit di bawah nilai kekerasan pisau baja maupun kaca.

5. Tulang terpanjang dan terpendek

Tulang terpanjang pada tubuh kita terdapat pada tulang paha kita, selain terpanjang tulang paha juga merupakan tulang terkuat dan terberat dalam tubuh kita. Sedangkan tulang terkecil yang kita miliki terdapat di bagian dalam telinga yaitu tulang sanggurdi atau stapes dengan panjang 3 mm.

6. Setiap tujuh tahun, manusia memiliki tulang baru

Tahukah Anda, tulang mampu meremajakan dirinya dalam waktu satu tahun, tidak hanya bisa memperbaiki dirinya sendiri, tetapi tulang juga dapat tumbuh kembali. Namun yang mengejutkan ternyata setiap tujuh tahun kita memiliki tulang kerangka baru.

7. Lengan adalah tulang yang rawan patah

Tulang lengan kita merupakan tulang yang sangat rawan patah dimana hampir setengah dari orang dewasa sudah pernah mengalami patah tulang. Sedangkan bagi anak – anak tulang yang paling rawan adalah bagian tulang selangka.

8. Leher manusia sama dengan leher jerapah

Fakta mengejutkan lainnya adalah tulang leher kita mempunyai jumlah yang sama dengan jumlah tulang leher jerapah. Jumlah tulang leher jerapah ada tujuh buah tulang cervical vertebrae yang sama dengan manusia, namun perbedaannya hanya terletak pada ukuran setiap tulang yang menyebabkan panjangnya berbeda jauh.

9. Ada orang yang memiliki jumlah tulang rusuk berlebih

Umumnya orang dewasa memiliki 24 tulang rusuk atau 12 pasang, akan tetapi ada satu dari 500 orang yang memiliki jumlah tulang rusuk berlebih. Tulang ini disebut tulang rusuk serviks atau tulang rusuk leher yang biasanya muncul di dekat leher dengan ukuran dan bentuk yang beragam. Hal ini umumnya merupakan hal yang langka dan terjadi karena bawaan.

Beni Kristiana

Blogger, Internet Marketer yang tertarik dengan dunia Internet. Bercita-cita ingin sukses dari dunia Online.

Tinggalkan komentar