Contoh Surat Resign

Dalam pekerjaan, terkadang terdapat berbagai sebab yang membuat seseorang resign dari pekerjaannya. Sebab tersebut dapat karena ingin mengasuh anak lebih intensif, ingin mencoba pekerjaan lain, atau sudah lelah dengan lingkungan pekerjaan dalam pekerjaan tersebut. Apapun itu, resign adalah hak Anda. Anda berhak membuat keputusan atas diri Anda sendiri karena Anda adalah tuan atas diri Anda, bukan orang lain.

Namun demikian, Anda harus resign secara baik-baik. Setidaknya, Anda harus meninggalkan kesan baik atas kepergian Anda dari pekerjaan tersebut. Berdamailah dengan orang-orang di lingkungan pekerjaan Anda. Jika Anda memiliki masalah dengan mereka, maka segera selesaikan. Hal yang tak kalah penting, Anda wajib membuat surat resign. Hal tersebut berarti Anda pamit secara baik-baik kepada pimpinan perusahaan atau pekerjaan tersebut. Apakah Anda sudah mengetahui cara membuat surat resign? Jangan khawatir, artikel ini akan membahas lengkap tentang contoh surat resign untuk Anda!

Hal-Hal yang Harus Dipertimbangkan Ketika Akan Memutuskan untuk Resign

Sebelum berlanjut ke cara membuat surat resign, maka simaklah hal-hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum resign sebagai berikut:

1. Pertimbangkan masak-masak tentang keuntungan dan kerugian yang akan Anda dapatkan ketika resign

Segala sesuatu perlu dipikirkan secara matang, termasuk keputusan untuk resign. Pertimbangkan keuntungan dan kerugian yang akan Anda terima. Kerugian tak melulu soal uang, tetapi juga tentang waktu, momentum, dan hal lainnya. Apabila kerugian yang Anda terima lebih banyak daripada keuntungan, maka tidak ada salahnya untuk berhenti.

2. Pertimbangkan apa yang harus Anda lakukan setelah resign

Buatlah rencana-rencana jangka panjang maupun pendek setelah Anda resign. Hal ini dapat membantu Anda agar tidak kebingungan ketika telah resign nanti

3. Komunikasikan niat Anda untuk resign kepada keluarga Anda

4. Yakinlah dengan pilihan Anda

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dalam Menulis Surat Resign

  1. Surat resign atau pengunduran diri adalah surat formal. Oleh sebab itu, usahakan untuk memakai bahasa yang baku, baik, dan benar menurut kaidah bahasa Indonesia.
  2. Gunakan kalimat yang efektif
  3. Jangan bertele-tele dalam membuat kalimat
  4. Buatlah surat dengan bahasa yang komunikatif
  5. Berikan penjelasan atas maksud dan tujuan pengiriman surat Anda secara jelas

Cara Penulisan Surat Resign

1. Tuliskan Tempat dan Tanggal Penulisan

Ketika membuat surat resign, maka kalimat yang Anda tuliskan pertama kali adalah tempat dan tanggal penulisan. Tempat dan tanggal penulisan sangat penting dalam setiap surat, termasuk surat resign. Hal tersebut karena tempat dan tanggal penulisan berisi tentang informasi waktu dan tempat sehingga memudahkan dalam proses rekap surat. Letakkan tempat dan tanggal penulisan di kanan atas surat. Peletakan tersebut agar tempat dan tanggal surat terlihat berbeda dari yang lainnya sehingga mudah ditemukan atau dibaca.

Contoh:

Yogyakarta, 18 Agustus 2018

2. Tuliskan Nama Orang yang Anda Tuju

Penulisan tujuan surat berfungsi untuk memberi informasi tentang orang yang Anda tuju untuk diberikan surat tersebut. Penulisan nama orang atau kelompok yang Anda tuju pun berfungsi agar surat Anda sampai di tangan orang yang tepat. Letakkan nama orang yang Anda tuju di sebelah kiri, berbeda dengan penulisan tempat dan tanggal surat. Anda pun dapat menambahi nama orang dengan jabatan orang tersebut di bawahnya. Selain itu, sebaiknya Anda menambahkan pula informasi tempat atau domisili orang yang Anda tuju.

Contoh:

Yth. Daina Rahma, S.Si

Pimpinan Cabang

Smart Galileo Sleman

Di Sleman

Sebaiknya Anda cukup memberikan yth (yang terhormat) saja, tidak perlu menggunakan kata kepada.

3. Tuliskan Identitas Anda

Identitas Anda sangat penting dituliskan dalam surat karena hal tersebut memuat penjelasan tentang siapa diri Anda. Tentu sangat penting menjelaskan diri Anda agar tidak tertukar dengan pegawai yang lain. Tuliskan identitas Anda di bawah penulisan nama orang yang Anda tuju.

Contoh:

Yang bertanda tangan di bawah ini

nama : Kartika Puspitasari

alamat : Pojokan Bejen, Caturharjo, Sleman, Sleman, Yogyakarta

jabatan : tentor Smart Galileo

Setelah kata di bawah ini sebaiknya tidak menggunakan tanda titik dua. Kata nama, alamat, dan jabatan sebaiknya menggunakan huruf kecil karena serangkaian kata-kata tersebut dianggap satu kesatuan kalimat.

4. Tuliskan Maksud Anda, dalam Surat ini berarti Maksud Anda adalah untuk Mengundurkan Diri

Tuliskan maksud pengunduran diri Anda secara jelas dan tidak bertele-tele.

Contoh:

Dengan surat ini, saya bermaksud mengajukan pengunduran diri dari Smart Galileo, terhitung pada 14 Januari 2018.

5. Ucapkan Terima Kasih

Ucapan terima kasih sangat penting untuk disertakan dalam surat pengunduran diri agar menjalin hubungan yang tetap hangat dan baik dengan perusahaan atau pekerjaan Anda walaupun Anda akan mengundurkan diri.

Contoh:

Saya mengucapkan terima kasih kepada Smart Galileo yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk belajar dan bekerja secara profesional. Saya mengucapkan terima kasih atas bimbingan yang telah diberikan selama ini.

6. Ucapkan Permintaan Maaf

Setiap manusia pasti memiliki kesalahan, baik kesalahan yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Oleh sebab itu, penting sekali untuk meminta maaf dalam surat karena bisa saja kita masih memiliki kesalahan dengan orang-orang di lingkungan pekerjaan atau perusahaan. Ucapkan dengan singkat, padat, tanpa bertele-tele.

Contoh:

Saya meminta maaf atas semua kesalahan saya dan saya pun meminta maaf karena tidak dapat lagi menjadi bagian dari Smart Galileo.

7. Ucapkan Harapan Anda terhadap Pekerjaan atau Perusahaan Anda

Harapan yang tertulis di surat berarti menunjukkan sebuah kepedulian. Walau bagaimanapun, Anda pernah menjadi bagian dari pekerjaan atau perusahaan tersebut. Jadi, tidak ada salahnya untuk mengucapkan harapan dan doa-doa baik Anda terhadap pekerjaan atau perusahaan.

Contoh:

Saya berharap dan berdoa semoga Smart Galileo semakin maju dan berkembang.

8. Tanda Tangan dan Nama Terang Anda

Hal ini menjadi penanda bahwa surat pengunduran yang diserahkan adalah dibuat oleh Anda sendiri, bukan orang lain. Oleh sebab itu, cantumkan tanda tangan dan nama terang Anda secara jelas. Tuliskan di sebelah kanan dan paling bawah.

Contoh:

Hormat saya,Lucky Puspitasari

Contoh Surat Resign

Yogyakarta, 22 Oktober 2017

Yth. Pimpinan Cabang

Smart Galileo Sleman

Di Sleman

Yang bertanda tangan di bawah ini

nama : Kartika Puspitasari

alamat : Pojokan Bejen, Caturharjo, Sleman, Sleman, Yogyakarta

jabatanĀ : Tentor Smart Galileo

Dengan surat ini, saya bermaksud mengajukan pengunduran diri dari Smart Galileo, terhitung pada 24 November 2017.

Saya mengucapkan terima kasih kepada Smart Galileo yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk belajar dan bekerja secara profesional. Saya mengucapkan terima kasih atas bimbingan yang telah diberikan selama ini.

Saya meminta maaf atas semua kesalahan saya dan saya pun meminta maaf karena tidak dapat lagi menjadi bagian dari Smart Galileo. Saya berharap dan berdoa semoga Smart Galileo semakin maju dan berkembang.

Hormat saya,

Lucky Puspitasari

Whases

Official Writer BlogHUD.com

Tinggalkan komentar