Chinatown di Indonesia

Nilai budaya sangat penting bagi kepribadian suatu bangsa, oleh sebab itu kebudayaan wajib dijaga dan dilestarikan. Terlebih bagi negara-negara heterogen seperti Indonesia yang memiliki ratusan budaya tersebar seluruh pulau di Nusantara. Tak cuman budaya-budaya lokal saja, namun budaya luar pun juga ikut meramaikan di tanah air misal nih budaya Cina.

Cukup dominan budaya Cina di Indonesia, sebab penduduk keturunan tionghoa selalu ada dan menyebar di hampir seluruh wilayah Indonesia, terutama di tempat-tempat strategis seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang dan lain-lain. Menariknya lagi tiap-tip daerah didominasi oleh kaum tionghoa terdapat tempat-tempat perkumpulan diberi nama Chinatown.

Kawasan Pecinan tak hanya sebagai tempat perkumpulan berbagai budaya-budaya tionghoa, namun ada pula wisata kuliner, penjual berbagai aksesoris dari negara tirai bambu dan sebagainya. Nah, mungkin saja kota tempat tinggal kawan juga ada kawasan Pecinan, simak ya Chinatown di Indonesia yang dijadikan tempat rekreasi menyenangkan.

1. Chinatown Jakarta

Sudah hal pasti jika kota Administratif Jakarta dijadikan tempat paling strategis dan ideal bagi kaum tionghoa, ketika mendirikan Chinatown. Budaya masyarakat tionghoa sangat berkembang di Jakarta, walaupun sekarang Jakarta telah di dominasi oleh gedung-gedung pencakar langit, namun daerah Chinatown masih tetap terjaga dengan ciri khasnya.

Chinatown Jakarta

Di area wisata Pecinan cukup banyak terdapat kuil serta tempat pemujaan yang memiliki fungsi ganda sebagai estetika  asli aspek budaya dan tempat wisata. Chinatown di Jakarta termasuk salah satu kota tua bersejarah, masih banyak toko-toko lengendaris menjual berbagai makanan dan aksesoris, berdiri sejak 1900-an.

2. Chinatown Bandung

Mungkin dulu kawasan Pecinan di Bandung terkesan kumuh kurang diperhatikan, namun akhir-akhir ini kawasan Cina tersebut hidup kembali disertai dengan perubahan besar. Kawasan tersebut direvitalisasi sebagai salah satu objek wisata budaya otentik namun terlihat modern dengan gaya khas oriental mempesona.

Chinatown Bandung

Pengunjung selain dapat berwisata kuliner dan berbelanja berbagai aksesoris ala Cina, disana pun terdapat museum Pecinan Bandung yang sebagai tempat menggambarkan kehidupan generasi awal dari keturunan tionghoa di Chinatown Bandung, pesan tersebut disampaikan melalui foto, dokumen, artefak dan berbagai barang-barang bersejarah ala vintage.

3. Chinatown Surabaya

Kabupaten Kota Surabaya memiliki kawasan Pecinan yang diberi nama Kya Kya, hingga sekarang kawasan tersebut merupakan tempat populer di Surabaya. Ketika berkunjung kesana kawan bakal menyaksikan berbagai bangunan tua milik Abu dari keluarga HAN yang sekarang telah menjadi Cagar budaya serta keleteng Hok An King, merupakan satu-satunya Dewa Makco di Surabaya.

Chinatown Surabaya

Sama seperti di kawasan Chinatown di Indonesia lainnya, di kawasan Kya Kya ada berbagai penjual kios penjual bermacam makanan, mulai dari makanan khas tionghoa sampai makanan khas Surabaya. Selain itu juga kerap kali digunakan sebagai tempat diadakan budaya live music keroncong, musik-musik tionghoa hingga pertunjukan keren lainnya.

4. Chinatown Singkawang

Sudah bukan rahasia umum lagi kalau kota Singkawang Kalimantan memiliki jumlah penduduk tionghoa paling banyak di Indonesia. Sehingga secara otomatis berdampak semakin pesat berkembangnya kawasan Pecinan, sehingga sekarang menjadi kawasan Cina terbesar di Indonesia. Hal tersebut dapat dilihat dari kebisaan, dekorasi Cina, arsitektur dapat dilihat di tiap sudut kota Singkawang, bahkan sejumlah aspek budaya Cina sudah sangat melekat dan menyatu dalam kehidupan masyarakat setempat.

Chinatown Singkawang

Keberadaan kota Singkawang menjadi salah satu objek wisata paling populer di Indonesia, ketika merayakan tahun baru Imlek dan Cap Go Meh. Hal tersebut merujuk, kota Singkawang paling memerihkan, pawai besar-besaran, diadakan sejumlah event-event besar, dekorasi mewah dan pertunjukan memukau. Sehingga menjadikannya sebagai Chinatown Di Indonesia terbesar dan paling populer.

Kategori Travel

Tinggalkan komentar