Cara Merubah Word ke PDF

Tutorial ini akan membantu anda dalam mempelajari bagaimana cara mengubah sebuah file Microsoft word ke bentuk PDF. Keunggulan dari file pdf yang sangat menguntungkan adalah kompatibilitasnya terhadap semua platform dan sulit untuk diedit, sehingga sangat cocok untuk menyimpan dan menyebarkan berbagai dokumen penting.

Anda bisa menggunakan SmallPDF atau Google Drive untuk mengkonversi file word menjadi PDF secara online, atau Anda juga bisa menggunakan aplikasi Microsoft word itu sendiri pada komputer windows atau Mac Anda.

Menggunakan SmallPDF

1. Buka situs Word-to-PDF dari SmallPDF.

Ketikkan smallpdf.com/word-to-pdf dalam web browser komputer anda.

2. Klik “Choose File”.

Tombol ini berada di tengah halaman SmallPDF. Melakukan ini akan memunculkan file explorer jika sistem operasi Anda Windows, atau Finder jika sistem operasi anda Mac.

3. Pilih Dokumen Word Anda.

Bukalah lokasi penyimpanan file Microsoft word anda, lalu klik pada nama dokumen untuk memilihnya.

4. Klik “open”.

Tombol ini berada pada pojok kanan bawah. Melakukan langkah ini akan mengunggah dokumen word ke SmallPDF. Jika anda menggunakan Mac, klik tombol “Choose”.

5. Klik “Download File”.

Opsi ini berada di pojok kiri bawah halaman SmallPDF. PDF anda akan terunduh ke dalam komputer anda, meskipun sebelumnya anda harus memilih lokasi penyimpanan atau mengkonfirmasi proses pengunduhan ini tergantung pada pengaturan browser anda. Langkah ini bisa jadi berlangsung lama, tergantung seberapa besar dokumen anda dan kecepatan internet anda.

Menggunakan Google Drive

1. Buka Google Drive.

Bukalah situs drive.google.com dalam browser komputer anda. Ini akan lengusng mengarahkan anda ke halaman google drive jika anda sudah log-in. Jika anda belum login, bukalah halaman google drive, lalu masukkan alamat email dan password saat diminta.

2. Klik “+ New”.

Pilihan ini berada di pojok kiri atas jendela Google Drive. Setelah anda mengklik menu ini, sebuah menu drop-down akan muncul.

3. Klik File Upload.

Ini adalah salah satu pilihan yang muncul saat anda melakukan langkah sebelum ini. memilih tombol file upload akan membuka file explorer di windows, atau finder pada Mac.

4. Pilih Dokumen Word Anda.

Buka lokasi penyimpanan dokumen word anda, lalu pilih nama dokumen yang ingin anda konversi.

5. Pilih Open.

Pilihan ini berada di pojok kanan bawah. Setelah ini, dokumen word anda akan langsung diunggah ke google drive. Jika anda menggunakan perangkat mac, gunakan tombol “Choose”.

6. Buka Dokumen Word.

Setelah file Microsoft word berhasil diunggah ke Google Drive, klik dua kali dalam google drive untuk membukanya dalam browser anda.

7. Klik “File”.

Pilihan ini berada pada pojok kiri atas. Melakukan ini akan menampilkan beberapa menu. Jika anda menggunakan Mac, pastikan anda memilih “File” pada tampilan browser anda dan bukan menu bar di atas layar.

8. Pilih “Download As”.

Pilihan ini berada di tengah menu yang terbuka tadi. Memilihnya akan menampilkan sebuah menu pop-out.

9. Klik “Pdf Document”.

Setelah melakukan langkah ini, versi PDF dari dokumen Word akan langsung terunduh ke dalam komputer anda.

Menggunakan Word di Windows

1. Buka dokumen Microsoft Word.

Klik dua kali pada dokumen word untuk membukanya dalam Microsoft word. Jika anda belum membuat dokumennya, bukalah Microsoft word, klik “blank document”, lalu buatlah dokumen anda sebelum melanjutkan.

2. Klik “File”.

Pilihan ini berada pada bagian kiri atas.

3. Klik “Export”.

Opsi ini terdapat di sebelah kiri. Anda akan melihat beberapa opsi baru muncul di tengah layar.

4. Klik “Create PDF/XPS Document”. Pilihan ini berada di pojok kiri atas layar.

5. Klik “Create PDF/XPS”. Opsi ini berada di tengah layar. Setelah melakukan langkah ini, anda akan melihat tampilan sebuah layar pop-up.

6. Pilih Lokasi Penyimpanan.

Pada bagian kiri layar, pilihlah folder yang akan anda gunakan untuk menyimpan versi PDF dari dokumen word Anda. Karena PDF adalah jenis file yang berbeda dari word, anda bisa menyimpannya di tempat yang sama dengan file word asli. Anda juga bisa memasukkan nama file baru jika anda ingin.

7. Klik “Publish”.

Pilihan ini ada di pojok kanan bawah. Ini akan membuat sebuah salinan PDF dari dokumen word anda di tempat yang telah ditentukan.

Menggunakan Word di Mac

1. Buka Dokumen Microsoft Word.

Klik dua kali pada dokumen word untuk membukanya di Microsoft word.

2. Klik “File”.

Pilihan ini berada di pojok kiri atas layar Mac Anda.

3. Klik “Save As”.

Opsi ini akan muncul di menu drop-down.

4. Masukkan Nama File.

Anda bisa memberi nama apa saja pada file PDF baru anda.

5. Pilih Lokasi Penyimpanan.

Pada bagian kiri, klik folder yang akan anda jadikan tempat penyimpanan PDF.

6. Klik Kotak Teks bertuliskan “File Format”.

Pilihan ini berada pada bagian bawah layar. Setelah ini, sebuah menu drop-down akan muncul. Jika sudah diminta memilih, klik “PDF”. Opsi ini berada di bagian “Export dari menu drop-down.

7. Klik “Export”.

Ini adalah sebuah tombol biru di pojok kanan bawah layar. Melakukan langkah ini akan menyelesaikan seluruh proses sehingga file PDF anda akan langsung tersimpan.

Cara Singkat Menggunakan SmallPDF

  • Buka situs smallpdf.com/word-to-pdf dalam web browser anda.
  • Klik Choose File.
  • Klik dua kali pada file Microsoft word yang ingin anda konversi.
  • Klik “download file” saat file anda sudah selesai dikonversi.

Whases

Official Writer BlogHUD.com

Tinggalkan komentar