Cara Menghilangkan Jerawat

Jerawat merupakan salah satu penyakit kulit yang umum terjadi, bahkan hampir sekitar 85% orang di dunia ini pernah mengalaminya. Namun meskipun hampir semua orang pernah mengalaminya, tetap saja yang namanya jerawat seringkali membuat kita risih.

Saat ini ada banyak cara yang efektif untuk menghilangkan jerawat, salah satunya tentu menggunakan obat-obatan kimia. Namun memang ada banyak orang yang beranggapan bahwa obat-obatan kimia memiliki efek samping bagi kesehatan kulit, seperti misalnya iritasi kulit dan kulit kering. Oleh karena itu, beberapa orang memilih untuk beralih menggunakan bahan-bahan alami.

Ada banyak sekali artikel yang menjelaskan bahan-bahan alami yang mampu mengatasi jerawat, namun sayangnya hanya sedikit yang benar-benar terbukti secara ilmiah dapat menghilangkan jerawat. Dan jika kamu sedang mencari bahan alami yang terbukti dapat menghilangkan jerawat, bahan-bahan berikut ini layak untuk kamu coba.

4 Bahan Alami untuk Menghilangkan Jerawat

1. Menggunakan Tea Tree Oil

tea tree oil
Gambar: www.up-nature.com

Mungkin masih terdengar asing di telinga kamu mendengar Tea Tree Oil. Singkatnya, minyak yang satu ini adalah bahan alami yang terbuat dari olahan daun teh (Melaleuca Alternifolia) yang merupakan pohon teh asli Australia.

Tea Tree Oil dikenal memiliki kemampuan dalam melawan bakteri dan mengurangi peradangan pada kulit. Secara khusus, minyak pohon teh yang satu ini dapat membantu melawan P. acnes dan S. epidermidis, dua jenis bakteri yang dapat menyebabkan jerawat.

Sebuah studi menemukan bahwa 5% gel minyak pohon teh ini memiliki kemampuan hampir empat kali lebih efektif dalam mengurangi luka akibat jerawat dan hampir enam kali lebih efektif dalam mengurangi jerawat yang parah daripada plasebo.

Cara Menggunakan Tea Tree Oil untuk Menghilangkan Jerawat

  1. Campurkan beberapa tetes Tea tree oil dengan air.
  2. Celupkan kapas ke dalam campuran dan oleskan pada bagian wajah yang berjerawat.
  3. Oleskan pelembab, jika diinginkan.
  4. Ulangi proses ini satu hingga dua kali per hari, sesuai kebutuhan.

2. Menggunakan Minyak Esensial

minyak esensial
Gambar: www.pexels.com

Selain Tea Tree Oil, ada beberapa minyak esensial lain dengan sifat antibakteri dan anti-radang yang dapat membantu membersihkan jerawat dengan cepat.

Sebuah tinjauan ilmiah menemukan bahwa minyak esensial kayu manis, mawar, lavender, cengkeh, rosemary dan serai mampu melawan bakteri penyebab jerawat, S. epidermidis dan P. acnes.

Cara Menggunakan Minyak Esensial untuk Menghilangkan Jerawat

  1. Campurkan beberapa tetes Tea tree oil dengan air.
  2. Celupkan kapas ke dalam campuran dan oleskan pada bagian wajah yang berjerawat.
  3. Oleskan pelembab, jika diinginkan.
  4. Ulangi proses ini satu hingga dua kali per hari, sesuai kebutuhan.

3. Menggunakan Teh Hijau

teh hijau
Gambar: www.pexels.com

Banyak orang yang mengonsumsi teh hijau karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, tetapi tahukah kamu bahwa teh hijau ternyata memiliki manfaat untuk mengatasi jerawat di wajah?

Teh hijau mengandung flavonoid dan tanin, yang diketahui dapat membantu melawan peradangan dan membunuh bakteri yang dapat menyebabkan jerawat. Teh hijau juga tinggi akan antioksidan epigallocatechin-3-gallate (EGCG), yang telah terbukti dapat melawan peradangan, mengurangi produksi sebum dan menghambat pertumbuhan P. acnes pada orang dengan kulit berjerawat.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki jerawat berangsung pulih setelah mengoleskan ekstrak teh hijau pada kulit mereka.

Cara Menggunakan Teh Hijau untuk Menghilangkan Jerawat

  1. Seduh teh hijau dalam air mendidih selama 3-4 menit.
  2. Biarkan teh menjadi dingin.
  3. Oleskan ke wajah Anda dengan kapas.
  4. Biarkan selama 10 menit atau semalam, lalu bilas wajah Anda dengan air.
  5. Terapkan 1–2 kali per hari, sesuai kebutuhan.

4. Menggunakan Lidah Buaya

lidah buaya
Gambar: www.pexels.com

Lidah buaya merupakan tanaman tropis dengan daun yang menghasilkan gel yang bening. Tanaman yang satu ini dikenal memiliki manfaat untuk kesehatan rambut.

Namun ternyata, ketika diaplikasikan pada kulit, gel lidah buaya telah terbukti membantu melawan bakteri, mengurangi peradangan dan mendorong penyembuhan luka. Karena itu, tanaman yang satu ini menjadi salah satu bahan perawatan alami yang cukup populer untuk berbagai kondisi kulit termasuk psoriasis, ruam, luka bakar, dan luka bakar.

Ada studi terbatas terhadap kemampuan lidah buaya untuk melawan jerawat secara khusus, tetapi penelitian yang ada cukup menjanjikan. Menurut penelitian tersebut, lidah buaya mengandung lupeol, asam salisilat, nitrogen urea, asam cinnamonic, fenol dan sulfur yang dapat menghambat bakteri penyebab jerawat.

Cara Menggunakan Lidah Buaya untuk Menghilangkan Jerawat

  1. Ambil gel dari daun lidah buaya dengan sendok.
  2. Oleskan gel pada kulit bersamaan.
  3. Ulangi 1–2 kali per hari, atau sesuai yang kebutuhan.

Cara Lain untuk Mengurangi Jerawat

Selain dengan 4 bahan alami diatas, ada beberapa cara lain yang dapat kamu coba untuk menghilangkan. Beberapa cara dibawah ini mungkin dapat bermanfaat bagi kulit yang rentan jerawat.

  • Cuka apel: Asam organik dalam cuka apel dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengurangi munculnya bekas luka.
  • Kurangi konsumsi susu: Dua penelitian besar melaporkan bahwa orang yang minum lebih banyak susu cenderung memiliki lebih banyak jerawat, tetapi lebih banyak penelitian diperlukan.
  • Gunakan masker madu dan kayu manis: Madu dan kayu manis memiliki sifat antioksidan, antibakteri, dan anti-radang, sehingga dapat bermanfaat bagi kulit yang rentan jerawat saat diterapkan.
  • Kurangi stres: Beberapa penelitian telah menghubungkan stres dengan peningkatan tingkat keparahan jerawat.

Avalisa

Nama saya Avalisa, biasa dipanggil Lisa. Seorang blogger yang mencintai dunia kesehatan dan kecantikan.

Tinggalkan komentar