Cara Menghemat Kuota

Seiring dengan berkembangnya teknologi, membuat pengguna smartphone juga meningkat. Hal tersebut akhirnya membuat kebutuhan akan internet juga menjadi tinggi. Bahkan bisa dibilang saat ini internet sudah menjadi kebutuhan primer bagi setiap orang, khususnya pengguna smartphone.

Bagaimana tidak? Semua pengguna smartphone baik itu Android maupun iOS sudah pasti menggunakan aplikasi-aplikasi seperti misalnya media sosial Whatsapp, Instagram dan sebagainya. Dan tentunya hal tersebut membuat kita membutuhkan paket kuota internet untuk bisa menggunakan aplikasi tersebut. Belum lagi jika Anda adalah seseorang yang suka gaming dan streaming, penggunaan kuota jelas akan sangat tinggi.

Tidak sedikit orang yang rela menghabiskan uang dengan jumlah yang cukup banyak hanya untuk membeli kuota internet setiap bulannya. Namun sudah barang tentu hal tersebut bukan merupakan hal yang baik karena sebuah pemborosan.

Nah, untuk Anda yang merasa sangat boros dalam pengeluaran untuk membeli kuota internet, Anda bisa simak beberapa tips berikut ini agar penggunaan kuota internet di HP Android menjadi lebih irit.

4 Tips Menghemat Kuota di Smartphone Android

1. Aktifkan Airplane Mode Smartphone Saat Tidur

airplane mode
Gambar: www.pexels.com

Tahukah Anda kalau ternyata smartphone yang terus mengaktifkan internetnya bahkan saat kita tidur, hal tersebut membuat penggunaan kuota boros? Ya, dengan menyalakan paket data setiap hari, maka kuota akan cepat habis, maka dari itu usahakan matikanlah paketan internet setiap malam hari sesaat sebelum tidur, hal ini ditujukan agar ponsel benar benar tidak terkoneksi dengan internet karena itu bisa membuat kuota cepat habis atau boros.

Karena yang perlu diketahui, saat ponsel sedang menyala dan internet aktif sementara ponsel tidak digunakan, kuota internet akan terus berjalan terutama di aplikasi sosial media yang setiap waktu pasti ada pemberitahuan dan lain sebagainya.

2. Matikan Update Otomatis Aplikasi

Gambar: www.pexels.com

Biasanya pengguna smartphone yang masih baru akan mengalami masalah dimana kuota internet boros sekali penggunaannya, hal tersebut bisa jadi karena Anda belum mematikan auto update aplikasi di ponsel Anda. Jika hal ini terjadi, sudah pasti kuota akan terus menerus habis untuk keperluan update aplikasi, apalagi jika aplikasi di smartphone sudah banyak dan ukurannya berat berat.

Untuk mematikan update aplikasi otomatis di Android, Anda cukup masuk ke menu pengaturan aplikasi di ponsel dan juga di Google Play Store->Setelan. Jika Anda tetap ingin menghidupkan update otomatis aplikasi agar aplikasi di smartphone Anda up to date, Anda bisa merubahnya dengan update otomatis hanya jika terkoneksi ke wifi. Jadi nanti update otomatis akan berjalan hanya saat smartphone Anda terkoneksi dengan internet melalui wifi saja.

3. Menggunakan Aplikasi Datally

Gambar: www.theverge.com

Datally merupakan salah satu aplikasi yang dibuat Google untuk menghemat paket kuota internet di HP Android. Datally mampu membuat kuota jadi lebih hemat karena aplikasi ini memberikan layanan dimana kita bisa memanage penggunaan kuota mulai dari batas kuota di setiap aplikasi dan lain sebagainya, sehingga Anda juga lebih bisa mengatur penggunaan kuota Anda.

Aplikasi ini bisa di download gratis di google play store, untuk ukuran aplikasi datally sendiri sangat ringan dan tidak membuat smartphone menjadi lag.

4. Aktifkan Pembatasan Penggunaan Data

Gambar: ting.com

Jika Anda sering berlebihan dalam mengakses internet, maka salah satu solusi tepatnya adalah dengan mengaktifkan fitur pembatasan penggunaan data ponsel, dengan ini, Anda akan mendapatkan peringatan mengenai penggunaan data apabila sudah mencapai batas tertentu yang Anda tentukan.

Caranya mudah sekali, buka menu pengaturan di smartphone Anda, lalu pilih penggunaan Data dan aktifkan atur batas data seluler.

GZ Sony

Blogger dan Seorang penikmat Anime One Piece, Fans Real Madrid.

Tinggalkan komentar