Cara Menghafal Al-Quran

Semua orang muslim tentu sangat ingin sekali bisa menghafal al-quran, tapi tidak sedikit juga orang yang menyerah karena baginya terlalu sulit dan tidak tahu harus memulai dari mana. Maka dari itu pada artikel kali ini kami akan memberikan beberapa tips mudah yang bisa Anda lakukan supaya Anda bisa menghafal surat-surat al-quran.

Tapi sebelum masuk kedalam cara-caranya, ada beberapa sabda dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang mungkin bisa membuat Anda lebih semangat dalam membaca dan menghafal al-quran.

Berikut ini beberapa sabda dari Rasulullah SAW:

Perumpamaan seorang muslim yang membaca al Qur’an adalah seperti buah Utrujah, baunya enak dan rasanya juga enak. Adapun perumpamaan seorang muslim yang tidak membaca al Qur’an adalah seperti buah Kurma, tidak ada baunya dan rasanya manis.

Bacalah al Qur’an sesungguhnya dia akan datang di hari kiamat sebagai pemberi syafaat bagi yang membacanya [HR Muslim].

Barangsiapa membaca satu huruf dari kitabullah maka baginya sebuah kebaikan. Dan sebuah kebaikan dilipatgandakan sepuluh kalinya. Saya tidak mengatakan aliflammim sebagai satu huruf tetapi alif adalah satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf. [HR Tirmidzi]

Tips Menghafal Al-Quran Dengan Mudah

#1. Niat

Cara yang pertama yaitu niat, karena seperti yang kita ketahui dengan niat kita pasti bisa melakukan segala sesuatu dan bahkan hampir semua kegiatan yang kita lakukan dalam ruang lingkup agama islam selalu di awali dengan niat, seperti sholat, puasa dan lain sebaginnya. Jadi bisa dibilang kalu kita akan diberi kemudahan dalam menghafal al-quran kalau benar benar berniat ingin bisa menghafal al-quran.

#2. Percaya Diri

Selain niat, kita juga harus bisa percaya kepada diri sendiri, karena dengan kita percaya dengan diri sendiri dan yakin kalau kita bisa menghafal al-quran pastinya akan lebih mudah untuk melangkah ketahap selanjutnya dan tidak mudah bosan dalam melakukan hat tersebut.

#3. Memilih Waktu yang Tepat

Kenapa waktu yang tepat masuk kedalam tips ini ? karena jika kita belajar diwaktu yang kurang tepat pastinya sangat kurang efektif, tidak bisa konsentrasi secara penuh dan bahkan bisa melupakan apa tujuan menghafal al-quran.

#4. Mulai Dengan Membaca Surat-surat Pendek Al-Quran

Jika Anda masih awal dan bingung harus mulai dari mana, disini kami sarankan untuk mulai membaca surat-surat pendek al-quran, seperti surah An Naas, Al Falaq, Al Ikhlash, Al Lahab dan lain sebaginnya. ini bertujuan supaya Anda terbiasa dan tidak bosan dalam membaca ayat al-quran. Selain itu cara ini bisa membuat Anda lebih mengenal al-quran.

#5. Mendengarkan Audio Al-Quran

Selain membaca, ada baiknya lagi kalau Anda memanfatkan waktu luang Anda untuk mendengarkan audio (mp3) surat-surat al-quran atau juz 30 supaya bisa lebih cepat menghafalnya. Karena seperti yang kita tahu audio merupakan metode yang bisa dibilang ampuh untuk urusan hafalan. Selain itu dengan cara ini Anda bisa memperbaiki kesalahan dalam pembacaan.

#6. Mengulang-ulang Dalam Membaca

Pada tips nomor 6 ini kedengarannya sangat membosankan, tapi dengan cara ini Anda bisa lebih cepat menghafal jika dibanding dengan membacanya hanya satu kali saja. Contoh kecilnya seperti ini “jika anda lewat satu kali kesebuah jalan dengan banyak gang yang belum pernah anda lewati dan disuruh kesitu lagi pastinya anda sangat bingung dan hanya hafal beberapa gang saja, beda halnya dengan yang sering lewat pasti ia akan sangat lihai dan bahkan bisa sampai tahu jalan digang mana saja yang rusak”.

Ok, mungkin sampai disini dulu saja artikel mengenai tips mudah menghafal al-quran yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua yang mungkin sampai saat ini berniatan ingin menghafal al-quran tapi belum bisa atau bingung harus mulai darimana.

Kategori Agama

Yanto SH

Segala sesuatu tidak akan pernah ada yang sempurna

Tinggalkan komentar