11+ Cara Mengatasi Pencemaran Lingkungan yang Baik dan Tepat

Cara Mengatasi Pencemaran Lingkungan – Lingkungan adalah tempat dimana makhluk hidup bertempat tinggal. Semua yang ada di sekitar kita adalah lingkungan kita. Termasuk benda atau makhluk hidup lain.

Lingkungan terbagi menjadi dua yaitu biotik dan abiotik. Biotik adalah senyawa yang hidup dan bernyawa. Contoh tumbuhan,hewan dan mikoorganisme.

SeadAngkan abiotik adalah segala sesuatu yang ada atas dasar komponen, namun tak bernyawa. Contoh tanah, air, udara, cahaya, angin dan sebagainya.

Dalam menjalani kehidupan di bumi ini, menentukan kesehatan atas diri sendiri juga ditentukan oleh sikap manusia terhadap lingkungan. Boleh jadi rusaknya alam atas dasar kecerobohan  kecil yang disepelekan.

Faktor Penyebab Lingkungan Tercemar

pencemaran lingkungan hidup

Adapun beberapa faktor yang menyebabkan lingkungan bisa tercemar dan bahkan rusak.

  • Faktor Alam.
    Faktor alam dapat timbul karena adanya kerusakab alam secara interen. Faktor bumi itu sendiri serpeti gempa bumi, gunung meletus dan kebakaran hutan.
  • Faktor Manusia.
    Segala kegiatan manusia yang berpotensi perubahan buruk bagi lingkungan. Seperti membuang sampah sembarangan, menebang hutan secara brutal dan menimbun barang yang tak seharusnya.

Dari kedua faktor tersebut secara perlahan akan membuat lingkungan berubah baik dari segi fisik maupun fungsi. Oleh karena itu alangkah baiknya kita mulai sekarang  menajdai seorang pekerja bagi bumi. Merawat dan menjaga bumi agar tetap hijau bebas dari penecemaran lingkungan.

Dengan tercemarnya lingkungan hidup, juga akan memberi dampak buruk bagi kesehatan. Coba perhatikan, bila suatu daerah tanahnya telah tercemar limbah B3 secara cepat tanah di daerah tersebut akan hilang kesuburan dan aroma tanah pun berubah.

Tubuh pun juga akan merasakan dampaknya, mulai dari penciuman yang terganggu oleh bau tidak sedap. Berpindah ke pernafasan yang tersendak bau busuknya limbah B3. Hingga menimbulkan penyakit lain seperti kanker, batuk, sesak, asma, hilangnya keseimbangan tubuh dan lainnya.

Tak hanya sampah B3 saja, limbah organik dan arnoganik yang terpakai juga dapat menambah tercemarnya lingkungan. Namun yang membuat sampah oragnik dan anorganik berbeda dengan B3 adalah mereka dapat didaur ulang atau dimanfaatkan ulang.

Meski hanya untuk membuat karya hasta tangan, pupuk alami maupun menjadi manfaat lain bagi makhluk hidup terutama manusia.

Cara Mencegah dan Menanggulangi Pencemaran Lingkungan

cara mengatasi pencemaran lingkungan

Lalu bagaimana cara menjaganya dengan baik? Simak ulasan berikut hingga tuntas agar lingkungan Anda tetap bersih bebsa dari polusi dan polutan berbahaya.

Membuang Sampah Pada Tempatnya

Melakukan hal kecil itu memang susah. Tetapi bila diajarkan sejak kecil akan terlihat mudah. Contoh anak kecil diajarkan selalu berbahasa arab sejak TK secara tidak sadar ia akan menangkap day bicara orang yang mengajaknya bicara dengan bahasa arab.

Bergitu pula bagi keluarga Anda. Biasakan membuang sampah tapat pada tempatnya. Coba lihat bencana banjir dan kebakaran banyak terjadi akibat tumpukan sampah. Sungai penuh sampah banjir, rumah bertumpuk sampah mudah terbakar dengan sampah berpotensi membakar, jadilah kebakaran.

Untuk itu pilahkan antara sampah organik, anorganik dan B3. Sampah organik pada tempat sampah organik, sampah anorganik juga bersama sampah anorganik dan sampah B3 di tempatkan di tempat samapah B3.

Dengan melakukan hal kecil tersebut kita termasuk memudahkan petugas pembuang sampah dalam membuang sampah. Mereka tak perlu memilah-memilih mana yang bisa didaur, mana yang berbahaya. Cukup dengan melihat, ambil sudah selesai peerjaan mereka.

Bila masih berat dengan alasan tersebut. Tanamkanlah sikap merawat dan menjaga bumi agar tidak rusak akibat generasi penerus kita. Kita saja membuang sampah sembarangan, itu terasmuk mencontohkan hal negatif kepada penerus.

Selalu Menjaga Kebersihan

Beberapa kota di Indonesia yang sering terkena banjir adalah Jakarta, Solo, Lamongan dan Kota lainnya . Mengapa bisa demikian? Yaps, karena beberapa sudut Kota tersebut terdapati tumpukan sampah yang mengotori Kota.

Tumpukan kotoran akibat tidak menjaga kebersihan lingkungan menyababkan got dan sungai penuh dengan sampah hingga mengakibatkan tercemarnya air dan lingkungan sekitar.

Terlebih bila musim hujan tiba, genangan air menjadi pembibitan nyamuk secara mendadak hingg menyebabkan penyakit baru bagi warga setempat. Sungguh merugikan bukan main.

Penanggulangan limbah industri

Limbah yang jarang bisa didaur ulang. Limbah industri terlihat sepele namun sebenarnya bebahaya. Bila didiamkan dalam waktu lama akan merubah warna air, membuat udara berbau dan menyengat hidung hingga menyebabkan timbulnya bakteri kuman. Ada juga limbah yang berpotensi menjadi racun bila tidak segera ditangani.

Oleh karena itu sebaiknya sampah dari limbah industri harus diolah dahulu agar tidak mencemari ekosistem di sekitar pabrik.

Sebagaimana perundang-undangan di negara kita juga mengatur akan hal tersebut. Untuk Anda yang menjadi pemilik, manager, HRD, personalia, pekerja atau warga di sekitar Pabrik. Kami himbau agar selalu waspada dengan adanya limbah berbahaya dari limbah industri.

Pengurangan pemakaian CFC

Untuk menghilangkan kadar CFC di atmosfer yang berlebih. Diperlukan waktu sekitar seratus tahun salah satu cara penanggulangannya yaitu dengan mengurangi penggunaan CFC yang tidak sangat dibutuhkan oleh manusia. Mengurangi penggunaan penggunaan CFC dapat mencegah rusaknya lapisan ozon di atmosfer sehingga dapat mengurangi pemanasan global.

Untuk itu kita harus melakukan hal yang membuat CFC berkurang antara lain :

  • Penggunaan pupuk dan obat pembasmi hama tanaman yang sesuai
  • Batasi Penggunaan Kendaraan untuk Mengurangi Polusi
  • Hemat Listrik untuk Masa Depan
  • Kelola Hutan dengan Bijak
  • Reboisasi (Penghijauan Lingkungan)
  • Ikut Serta Program Pemerintah dalam Melestarikan Alam
  • Memberi Sanksi Kepada Pihak yang Tidak Bertanggung Jawab Atas Pencemaran Lingkungan

Ajakkan Bersosial dengan Lingkungan

Banyak cara ajakan yang dapat kita lakukan untuk mengajak orang-orang menjaga kehijauan alam ini. Dengan adanya digital modern ini sangat bagus untuk kampanye kepada orang banyak melalui internet. Baik media sosial grup WhatsApp, Line, Facebook maupun Website.

Mengumpulkan data-data mengenai pencemaran lingkungan, penyebab dan cara penanggulan pencemaran lingkungan. Ya seperti artikel ini juga. Lalu membagikannya di media sosial Anda.  Dengan begitu cukup membantu untuk memberi dorongan dan masukan agar orang lain peduli terhadapanlingkungan.

Cara lain selanjutnya cukup mudah juga. Pertama, bergabung pada komunitas pecinta alam di daerah anda baik di dunia maya maupun dunia nyata. Bila belum ada sebaiknya Anda sebagai pencetus utama agar terbentuk aliasnsi cinta alam.

Kedua, bila sudah memiliki komunitas. Adakan acara berkenaan dengan promosi alam pula. Baik pembelajaran, praktik alam dan imperatif kepada masyarakat setempat.

Ketiga, tetap ke tugas awal yakni mengajak anggota , masyarakat sekitar dan orang lain untuk senantiasi melindungi bumi dari pencemaran internal maupun eksternal.

Terakhir, lakukan dengan ikhlas demi masa depan bumi yang lebih bersih dan terjaga dari kotornya tangan kita sendiri.

Dengan usaha sederhana tersebut diatas diharapkan dapat merubah diri kita untuk tambah cinta lingkungan hidup dengan tindak lanjut melestarikan alam sekitar yang semakin lama semakin merosot dikarenakan polusi dan polutan yang bertebaran di setiap titik mata melihat.

Mungkin akibat dampaknya tidak kita rasaan dalam waktu setaun dua tahun, namun puluhan tahun setelahnya. Efek dari asap kendaraan bermotor, membuat udara semakin pengap dan tidak segar. Ditambah mengahmbat paru-paru untuk menghirup udara segar hingga bisa membuat sakit seperti radang paru-paru atau asma.

Masih banyak alasan lainnya yang tidak dapat kami sebutkan disini sperti efek rumah kaca, efek penebangan hutan secara liar dan lainnya. Yang terpenting disini kami mengajak Anda semua penikmat BlogHUD sejati, untuk selalu mawas diri menjaga kebersihan, kesegaran dan kehijauan lingkungan kita.

Sumber : damainesia
Baca artikel kami yang lainnya juga ya di https://damainesia.com/

Kategori Umum

hus sini

Penulis Lepas dan Pedagang Online

Tinggalkan komentar