Cara Membuat Blog

Di era digital seperti saat ini, blog selain bisa dimanfaatkan untuk menyalurkan hobi menulis juga dapat digunakan untuk menghasilkan uang. Oleh sebab itu, banyak orang yang akhirnya tergiur untuk terjun menjadi seorang blogger.

Pertanyaannya sekarang adalah: Apakah membuat blog itu adalah sesuatu yang mudah?

Sebelum saya melanjutkan artikel ini, saya pribadi adalah seseorang yang telah mengenal dunia blogging sejak tahun 2010. Dan melalui artikel ini, saya ingin berbagi cerita terkait pengalaman saya dalam membuat blog, baik menggunakan WordPress maupun Blogspot.

Cara Membuat Blog di Blogger / Blogspot

Mungkin kamu seringkali mengunjungi sebuah blog yang diakhiri dengan subdomain .blogspot.com. Platform ini adalah platform yang sudah lama disediakan oleh raksasa internet, Google untuk mewadahi para blogger untuk membuat blog. Menariknya, kita bisa menggunakan platform ini secara cuma-cuma alias gratis.

Syarat utama untuk menggunakan platform ini juga sederhana, yakni kita cukup memiliki akun gmail yang nantinya digunakan untuk mendaftar di Blogger.com. Saya anggap kamu sudah memiliki akun gmail (jika belum, silahkan buat dulu ya), dan mari kita lanjut ke tutorialnya.

1. Silahkan akses Blogger.com

Setelah masuk ke web tersebut, silahkan klik tombol create our blog. Nantinya kita akan diarahkan untuk login ke gmail terlebih dahulu.

2. Buat Profil

Nantinya kita akan diminta membuat profil seperti gambar dibawah ini.

Kita akan diberi 2 pilihan dalam membuat profil, yakni profil Google+ dan profil Blogger (Saran saya pilih profil Google+). Setelah dipilih, silahkan klik tombol Lanjutkan ke Blogger. Nantinya kamu akan diarahkan ke halaman blogger untuk proses pembuatan blog baru.

3. Buat Blog

Klik tombol Buat Blog Baru, kemudian silahkan isi judul (untuk nama blog) dan alamat blog, misalnya nama.blogspot.com. Jangan lupa untuk memilih tema blog sesuai selera. Kalau sudah, tinggal klik tombol buat blog.

4. Selesai

Sampai tahap ini, pembuatan sudah selesai dan blog sudah dapat digunakan untuk menulis.

Cara Membuat Blog di WordPress

Ada platform yang disediakan oleh WordPress, yang pertama adalah WordPress.com dan yang kedua adalah WordPress.org. Kedua platform ini meskipun satu perusahaan, menurut saya memiliki fitur yang berbeda jauh. WordPress.com lebih mirip seperti Blogspot.com, kita bisa menggunakannya secara gratis dengan nama domain nama.wordpress.com (tapi kita juga bisa melakukan upgrade ke nama domain pribadi dengan membayar). Selain itu, WordPress.com akan menyisipkan kode iklan pada setiap halaman blog kita.

Berbeda dengan WordPress.com, WordPress.org bisa dibilang merupakan sebuah mesin blog yang bersifat open source, dimana kita disediakan sekumpulan kode pemrograman berupa PHP dan MySQL yang bisa kita modifikasi sesuka hati kita (tentunya jika memiliki pengetahuan terkait pemrograman).

Jika mengacu pada kelebihan dan kekurangan, tentunya keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Saya akan tuliskan beberapa opini saya terkait kekurangan kedua platform WordPress ini pada artikel lain di lain waktu. Kita lanjut pada tutorial pembuatannya langsung saja.

Cara Membuat Blog di WordPress.com

1. Silahkan akses WordPress.com

Setelah itu Klik tombol Mulai. Nantinya kita akan diminta mengisi form terkait blog yang akan kita buat. Jika sudah diisi, langsung aja klik saja tombol Lanjutkan.

2. Pilih Subdomain

Selanjutnya kita akan diminta mengisi nama blog layaknya seperti pembuatan blogspot diatas. Silahkan pilih yang versi gratis (seperti contoh diatas, saya menggunakan bloghud2.wordpress.com).

3. Pilih Paket

Selanjutnya kita akan diminta untuk memilih paket, untuk pemula sebaiknya memilih versi Gratis.

4. Membuat Akun

Langkah selanjutnya kita harus membuat akun di WordPress.com

5. Selesai

Sampai pada tahap ini, pembuatan blog sudah selesai dan siap untuk digunakan untuk menulis.

Cara Membuat Blog dengan WordPress SelfHost (WordPress.org)

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, WordPress.org merupakan sekumpulan kode pemrograman dalam bentuk PHP dan MySQL, sehingga bisa dibilang ada banyak hal yang harus disiapkan untuk membuat blog menggunakan mesin dari WordPress.org ini.

Hal yang harus disiapkan untuk membuat blog dengan WordPress.org ini adalah:

1. Domain

Bagi kamu yang masih pemula dan belum mengetahui apa itu domain, sederhananya domain itu adalah sebuah nama yang dipakai oleh sebuah website. Misalnya bloghud.com. Kita dapat membeli domain ini pada beberapa penyedia layanan domain, umumnya berkisar 150 ribu untuk domain berakhiran .com.

2. Hosting

Hosting merupakan sebuah layanan penyimpanan file untuk sebuah website. Pada Blogspot dan WordPress.com kita sudah disediakan secara gratis, sementara jika kita memilih untuk menggunakan WordPress self-host, maka kita harus menyediakan hosting sendiri.

Untuk harga hosting sendiri bervariatif, ada yang 50 ribu / bulan ada yang hingga jutaan rupiah / bulan. Harga bergantung pada spesifikasi menyesuaikan kebutuhan kita. Bagi seorang pemula, menggunakan hosting yang murah mungkin bisa cukup, namun jika blog kamu sudah mulai dikunjungi puluhan ribu orang perhari, maka sudah barang tentu kamu sudah harus menyiapkan hosting dengan spesifikasi yang lebih baik.

Setelah dua hal diatas sudah siap, langkah selanjutnya adalah tahap pembuatan blog.

Pada dasarnya, ada dua cara dalam proses installasi WordPress selfhost ini, pertama kita melakukannya secara manual dengan cara mendownload file dari situs resminya. Cara kedua lebih simple yakni dengan cara installasi otomati melalui fitur yang telah disediakan hosting. Cara kedua ini cenderung lebih sering digunakan karena tinggal klik sana klik sini, jadi saya akan membuat tutorial untuk cara otomatis saja.

1. Mengubah Nameserver

Saya tidak bisa memberikan gambar untuk tutorial ini, karena setiap penyedia layanan domain memiliki cara yang berbeda-beda. Namun secara garis besar, ketika kita membeli sebuah hosting, kita akan diberikan nameserver yang nantinya harus dihubungkan dengan domain yang kita beli.

2. Menambahkan Domain ke Hosting

Langkah selanjutnya adalah login ke control panel hosting, kemudian pilih menu add on domain dan masukkan domain yang telah kita sediakan.

3. Installasi WordPress

Seperti yang sudah saya tuliskan diatas, setiap hosting pada umumnya sudah menyediakan fitur Install WordPress secara otomatis. Ada beberapa fitur installasi WordPress yang disediakan hosting, umumnya menggunakan softaculous. Jadi kita tinggal cari menu ini pada control panel hosting dan Install sesuai domain kita.

4.  Selesai

Proses Installasi sudah selesai dan blog siap untuk digunakan. Jika domain belum bisa diakses, kemungkinan besar masih menunggu proses propaganda domain yang biasanya memakan waktu 1×24 jam.

Airul

Blogger, internet marketer dan online entrepreneur. Mencintai segala hal terkait dunia teknologi dan digital.

2 pemikiran pada “Cara Membuat Blog

Tinggalkan komentar